Bawaslu Kapuas tertibkan ratusan APK

id bawaslu kapuas, penertiban apk, alat peraga kampanye, pemilu 2024, kapuas, kuala kapuas

Bawaslu Kapuas tertibkan ratusan APK

Petugas melepas sejumlah APK yang terpasang di sejumlah jalan di Kuala Kapuas, (11/2/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melakukan penertiban dengan mencopot ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di berbagai lokasi di daerah setempat.
 
“Kami bersama Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kapuas telah melepas sejumlah APK, karena sudah memasuki masa tenang,” kata Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo di Kuala Kapuas, Minggu.
 
Ada sekitar 600 APK yang terpasang di sejumlah ruas jalan di Kota Kuala Kapuas, dilepas petugas, baik itu APK berupa baliho, spanduk maupun bendera partai politik semua dicopot sesuai dengan aturan yang berlaku.
 
Sebelum melakukan pencopotan APK, pihaknya sudah jauh-jauh hari memberitahukan kepada partai politik untuk melepas alat peraga kampenye masing-masing, sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.
 
“Jauh-jauh sebelumnya kita sudah imbau dan ingatkan kepada parpol untuk melepas APK masing-masing apabila sudah memasuki masa tenang, namun sampai hari ini masih banyak APK belum dilepas mereka, sehingga kami harus melepasnya,” terangnya.

Baca juga: Polisi ringkus pengedar dan kurir sabu di Kapuas
 
Pencopotan APK ini dilakukan pihaknya serentak di sejumlah kecamatan. Jadi pelepasan APK tidak hanya di Kota Kapuas saja, namun juga dilakukan di masing-masing kecamatan.
 
Untuk jumlah APK yang pihaknya hitung tadi ada sekitar 600 buah, ditambah dengan kecamatan masing-masing ada ratusan APK yang dilepas.
 
"Besok kita akan terus menyisir di sejumlah jalan lainnya untuk memastikan tidak ada lagi APK yang terpasang,” katanya
 
Iswahyudi kembali mengimbau serta mengingatkan parpol untuk ada kesadaran masing-masing melepas APK-nya, baik itu atribut baliho, spanduk maupun bendera parpol.
 
“Mari kita sama-sama mematuhi aturan yang sudah ditetapkan demi terciptanya Pemilu yang damai, tertib, aman dan lancar,” demikian Iswahyudi.

Baca juga: Kendalikan inflasi, Pemkab Kapuas gelar pasar penyeimbang

Baca juga: Bakar basecamp perusahaan PT BWL, seorang warga di Kapuas ditangkap polisi

Baca juga: Pj Bupati minta Tenaga pendidik di Kapuas tetap semangat jalankan tugas