Jumat, 20 Oktober 2017

Beri Ruang Gerak Bagi Pelaku UMKM, Kata Kadin Kotim

id Beri Ruang Gerak Bagi Pelaku UMKM, Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Kotawaringin Timur, Kadin Kotim, Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo
Beri Ruang Gerak Bagi Pelaku UMKM, Kata Kadin Kotim
Ketua Kadin Kotim, Susilo dan Ketua PWI Kotim Andri Rizky Agustian saat silaturahmi Kadin di Sekretariat PWI Kotim, Rabu (24/5/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Sampit (Antara Kalteng) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah meminta semua pihak memberi ruang gerak kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar bisa tumbuh dan berkembang di daerah itu.

"UMKM akan hidup kalau pengusaha besar, perbankan, pemerintah dan lainnya, memberi ruang gerak. Kita juga harus memperbaiki sistem untuk membantu UMKM," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo saat bertandang ke Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia Kotawaringin Timur di Sampit, Rabu.

Susilo yang baru dua pekan lalu dilantik menjadi Ketua Kadin Kotawaringin Timur mengungkapkan keseriusannya merangkul seluruh pengusaha di daerah itu, termasuk pelaku usaha kecil. Kadin ingin menjadi wadah yang mampu menaungi dan mengayomi seluruh pengusaha.

Untuk mendorong pengembangan UMKM, Kadin Kotawaringin Timur sudah menyiapkan berbagai terobosan yang dimulai dengan pendataan dan mengajak pelaku usaha kecil bergabung dengan Kadin. Selanjutnya, Kadin akan membantu pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk pengembangan UMKM.

Kadin akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan pihak lainnya dalam pengembangan ekonomi. Bahkan Kadin mengajak Persatuan Wartawan Indonesia terlibat aktif membantu Kadin dalam meningkatkan sumber daya manusia pelaku usaha kecil dengan menggelar berbagai pelatihan.

Pelaku usaha kecil harus dibina agar produk yang mereka hasil memenuhi standar yang dibutuhkan pasar. Dengan begitu, pemasarannya pun akan menjadi lebih mudah dan luas karena produknya memenuhi standar yang dibutuhkan.

"Kadin juga mendorong supaya pemerintah dan perusahaan besar memberdayakan UMKM. Misalnya, waralaba menampung produk yang dihasilkan UMKM, minimal 40 persen. Kalau itu bisa dijalankan, saya yakin UMKM kita akan berkembang cepat," kata Susilo.

Saat ini Kadin menjajaki kerjasama dengan banyak pihak seperti perbankan, perhotelan dan lainnya. Banyak manfaat yang akan didapat untuk membantu pengembangan pelaku usaha, misalnya dalam hal permodalan, kerjasama, keringanan harga atau biaya, serta lainnya.

Peluang usaha di Kotawaringin Timur masih sangat besar dan menjanjikan. Kadin Kotawaringin Timur selaku barometer perkembangan Kadin di Kalimantan Tengah, akan membuat berbagai terobosan dan membina pelaku usaha agar makin tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa ada persaingan yang tidak sehat. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga