Desa Hajak Terima Bantuan Ambulan dari Perusahaan Batubara

id bupati barut, Nadalsyah, Desa Hajak Terima Ambulan dari Perusahaan Batubara

Desa Hajak Terima Bantuan Ambulan dari Perusahaan Batubara

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Ketua II DPRD Acep Tion saat menerima kunci ambulan yang diserahkan oleh manajemen PT Unirich Mega Persada (UMP) yang merupakan program CSR untuk Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru, Senin. (Foto Diskomi

Muara Teweh (Antara Kalteng)- Masyarakat Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menerima bantuan mobil ambulan dan sarana mandi cuci kakus dari perusahaan tambang batu bara PT Unirich Mega Persada yang beroperasi di daerah setempat.

Penyerahan mobil ambulan dan mandi cuci kakus (MCK) yang merupakan bantuan community development atau konsep pembangunan sosial (SCR) perusahaan tersebut dilakukan oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah di Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru, Senin.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari pembangunan di daerah ini, sehingga diharapkan masyarakat Barito Utara hidup sehat, tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat, berprilaku hidup bersih, sehat, dan bila memerlukan pelayanan kesehatan, dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan terjangkau oleh masyarakat.

"Kami sadar sepenuhnya, bahwa untuk mewujudkan itu, bukanlah pekerjaan yang mudah, karena urusan kesehatan saat ini semakin komfleks dan perlu adanya peran dan dukungan dari semua pemangku kepentingan di daerah kami ini yaitu pemerintah, swasta (dunia usaha) dan peran serta masyarakat," katanya.

Nadalsyah mengatakan apapun yang telah dan akan diupayakan oleh jajaran Pemkab Barito Utara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tanpa partisipasi dan dukungan peran serta masyarakat dan para pemangku kepentingan terkait lainnya, tak akan membuahkan hasil yang diharapkan.

Pemkab Barito Utara dengan segala keterbatasannya tidak mungkin mampu membiayai seluruh kegiatan pembangunan.

"Oleh karena itu, saya minta mari kita bergandengan tangan, bahu membahu untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Apa yang telah dilakukan oleh pihak manajemen PT UMP yang telah memprogramkan CD/CSR yaitu pemberian bantuan berupa satu buah ambulance dan sarana mck untuk Desa Hajak, patut kita berikan apresiasi," kata dia.

Selaku kepala daerah, Nadalsyah mengharapkan, hal serupa dapat dilakukan semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara ini, dengan demikian kita harapkan beban pemerintah Kabupaten Barito Utara menjadi terbantu.

"Untuk itu kepada jajaran menajemen PT Unirich Mega Persada kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Mudah-mudahan bantuan ini menjadi amal jariah," ucapnya.

Nadalsyah juga memberikan apresiasi kepada jajaran pemerintahan desa yang telah menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak swasta yang ada diwilayah kerjanya.

"Semoga sinergitas yang dilaksanakan oleh para pengambil kebijakan di Desa Hajak ini, mampu menginspirasi pemerintahan desa dan kelurahan lainnya berbuat lebih baik lagi. Dan kepada seluruh masyarakat Desa Hajak dan sekitarnya agar kiranya bisa betul-betul memanfaatkan dan memelihara segala fasilitas umum yang telah disediakan, sehingga apa yang menjadi tujuan pemberian bantuan tersebut diharapkan dapat tercapai," ujar Nadalsyah.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Jainal Abidin, Wakil Ketua II DPRD Acep Tion, Kepala Dinas Kesehatan Robansyah, Kepala Dinas Sosial dan PMD Sugianto Panala Putra, Camat Teweh Baru Ajirni, manajement PT UMP dan undangan lainnya.