Direktur BPJS Ingin Kerjasama dengan Antara Kalteng

id Naufal Mahfudz, Direktur BPJS Ingin Kerjasama Dengan Antara Kalteng, kerjasama antara kalteng

Direktur BPJS Ingin Kerjasama dengan Antara Kalteng

Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz. (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz berkeinginan mengajak Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Kalimantan Tengah kerjasama untuk bisa mempublikasikan dan mensosialisasikan berbagai program perlindungan terhadap pekerja.

Keinginan ini disampaikan Naufal didampingi Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Kalimantan Suparwi serta Kepala Bidang Pemasaran Cabang Palangka Raya Adhi Wibowo saat berkunjung ke Kantor LKBN Antara Biro Kalteng di Palangka Raya, Kamis sore.

"Kami sering menyampaikan tidak bisa bekerja sendiri merangkul dan mengajak semua tenaga kerja terdaftar serta dilindungi BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, kedatangan kita ke Kantor Antara ini, ingin mengajak kerjasama agar para pekerja di Indonesia, khususnya Kalteng dapat mengetahui berbagai program BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Tingkat partisipasi pekerja di Indonesia yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan masih sangat jauh dari harapan. Dari 118 juta pekerja se-Indonesia, baru sekitar 22,6 juta yang terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan.

Naufal mengatakan tingkat kesadaran pekerja untuk mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan masih relatif kurang. Kesadaran tersebut tidak sepenuhnya kesalahan pekerja, melainkan kurang optimalnya BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia mensosialisasikan program maupun belum merasakan manfaat apabila terdaftar.

"Harus diakui, manfaat terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan baru dirasakan pekerja ketika terjadi kecelakaan kerja, meninggal dunia, dan sudah pensiun atau dihari tua. Tapi kan sekarang ini punya program diluar empat program yang sudah ada. Ini yang coba kita perkuat sosialisasinya," tambah dia.

BPJS Ketenagakerjaan sekarang ini mengembangkan program manfaat layanan tambahan bagi pekerja yang terdaftar. Program tersebut yakni discount di sejumlah hotel maupun supermarket, memberikan kredit uang muka rumah maupun perbaikan rumah dengan bunga sangat rendah, dan berbagai program lainnya.

Berbagai program tambahan yang telah digagas dan dikembangkan BPJS Ketenagakerjaan ini pun diharapkan memberikan dampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mendaftar.

"Di sini lah kita menginginkan adanya kerjasama dengan LKBN Antara Biro Kalteng agar dapat mempublikasikan dan sosialisasi program-program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Indonesia, khususnya Provinsi ini," kata Naufal.