Polda Kalteng Dikaji Naik Tipe A

id Polda kalteng, Irjen Pol Bambang Pol Bambang Sunar Wibowo, polda tipe A

Polda Kalteng Dikaji Naik Tipe A

Asisten Perencanaan Kapolri Irjen Pol Bambang Sunar Wibowo memberikan sambutan dalam kegiatan peresmian gedung baru Polres Palangka Raya, Jumat (15/9/2017). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Tengah mulai mempersiapkan diri untuk naik dari tipe B menjadi tipe A sesuai dengan permohonan yang diajukan pihak Polda setempat ke Mabes Polri.

"Kedatangan saya ke Palangka Raya ini melakukan studi kelayakan atas usulan Polda setempat untuk menaikan tipe B menjadi tipe A. Maka dari itu kita datang ke Kalteng untuk melakukan kajian," kata Asisten Perencanaan Kapolri Irjen Pol Bambang Sunar Wibowo, di Palangka Raya, Jumat.

Bambang menjelaskan, apabila nantinya Polda menjadi tipe A, tentu kepangkatan pejabat di polda setempat akan menyesuaikan dengan tipologi yang sudah disandangnya nanti.

"Apabila bertipe A tentunya Kapoldanya nanti berpangkat Irjen atau bintang dua, sedangkan pejabat yang lainnya juga akan menyesuaikan," katanya.

Perwira berpangkat bintang dua itu menambahkan, dirinya tidak bisa memastikan seberapa lama kajian tipologi permohonan naik tipe itu, karena pihaknya wajib mengkaji sesuai data yang sudah ada dan manganailisinya.

"Kita melihat dari pelayanan publiknya bagaimana, birokrasinya, jumlah penduduknya serta tindak kriminalitas di suatu daerah setempat cukup tinggi atau seperti apa," ucap dia saat menghadiri peresmian gedung baru Polres Palangka Raya.

Apakah ada kaitannya dengan isu pemindahan ibukota negara? Bambang yang kali pertama menginjakkan kakinya itu di tanah Dayak tersebut mengaku tidak ada kaitannya sama sekali mengenai hal itu.

Yang jelas ini permohonan pihak Polda setempat dan pihaknya melakukan stadi kelayakan mengenai hal tersebut.   

"Ini murni usulan Polda Kalteng kepada kita," demikian dia sembari menyebar senyum kepada wartawan.