Dinsos Kalteng Galakkan Usaha Ekonomi Produktif Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

id Dinsos kalteng, Suhaemi, Ekonomi Produktif

Dinsos Kalteng Galakkan Usaha Ekonomi Produktif Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Kepala Dinas Sosial Kalteng, Suhaemi saat paparan dalam diskusi bersama pengurus Karang Taruna Kalteng, Jumat (6/10/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Sosial Kalimantan Tengah, terus menggalakkan program usaha ekonomi produktif karena diyakini dapat mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Lihat apa potensi usaha yang ada di desa masing-masing. Usulkan saja kepada kami di Dinas Sosial, nanti kami yang akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk diberi bantuan sesuai kebutuhan," kata Kepala Dinas Sosial Kalimantan Tengah, Suhaemi di Palangka Raya, Jumat.

Suhaemi hadir dalam diskusi usai pelantikan pengurus Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah yang diketuai Abdul Hafid. Diskusi ini diikuti pengurus Karang Taruna provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Turut hadir anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka.

Suhaemi mengatakan, saat ini banyak program pemerintah pusat dan daerah untuk membantu ekonomi kerakyatan. Program tersebut harus disambut dengan baik oleh masyarakat karena menjadi peluang besar untuk meningkatkan taraf hidup.

Saat ini ada sekitar 300 unit usaha ekonomi produktif yang tersebar di 13 kabupaten dan kota. Perkembangannya cukup bagus dan diharapkan terus meningkat karena peluangnya masih sangat besar, apalagi komitmen pemerintah sangat tinggi.

Suhaemi menyambut gembira dengan kembali bangkitnya Karang Taruna di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Dia berharap warga Karang Taruna yang tersebar hingga ke pelosok desa, menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat melalui usaha ekonomi produktif.

"Usaha kesejahteraan sosial yang bisa dimasuki Karang Taruna yaitu penyuluhan dan pelayanan sosial, pendidikan informal seperti pelatihan dan kursus, pembinaan keagamaan dan pendampingan sosial. Warga Karang Taruna bisa membantu masyarakat melalui perannya di wilayah masing-masing," kata Suhaemi.

Usaha ekonomi produktif yang bisa dijalankan yakni pertanian terpadu seperti budidaya tanaman semusim dan tanaman keras, peternakan terpadu seperti budidaya peternakan, perikanan terpadu seperti budidaya perikanan, sektor jasa yang meliputi perbengkelan, salon, industri rumah tangga, sablon dan lainnya.

Perkembangan usaha ekonomi produktif di Kalimantan Tengah berjalan cukup bagus. Bahkan salah satu di antaranya, yakni usaha ekonomi produktif binaan Karang Taruna Bina Bakti Kelurahan Baru Kabupaten Kotawaringin Barat masuk nominasi tujuh besar terbaik nasional.