Brasil Pastikan Diri Lolos ke Piala Dunia 2018

id brasil, bolivia, piala dunia

Brasil Pastikan Diri Lolos ke Piala Dunia 2018

Penyerang Timnas Brasil Neymar. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI )

Jakarta (Antara Kalteng) - Brasil hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Bolivia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Hernando Siles, Bolivia, Jumat pagi waktu Indonesia.

Hasil imbang ini diraih Bolivia berkat penampilan maksimal penjaga gawang Carlos Lampe yang melakukan serangkaian penyelamatan penting ketika Brasil memiliki 61 persen penguasaan bola dan melepaskan 16 tendangan menurut statistik pertandingan di laman Conmebol.

Namun hasil imbang ini sama sekali tidak menggoyang Brasil, yang menduduki posisi puncak klasemen kualifikasi dengan 38 poin dan sudah memastikan diri lolos ke Rusia. Sedangkan Bolivia tetap di peringkat sembilan dengan 14 poin.

Brasil menguasai awal-awal pertandingan dengan permainan kombinasi dari lini tengah ke sisi sayap yang mengandalkan umpan-umpan panjang dari gelandang Liverpool, Philippe Coutinho, kepada Neymar.

Posisi Neymar yang diapit beberapa pemain bertahan Bolivia membuka celah bagi Coutinho untuk sesekali melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun hal itu terbaca oleh pemain Bolivia.

Tite, pelatih Brasil, terpaksa menarik keluar Thiago Silva dan menggantinya dengan Marquinhos pada menit 30. Pemain itu tidak mengalami cedera namun diduga kesulitan beradaptasi dengan tekanan udara di Bolivia.

Pada menit 33, Lampe menyelamatkan gawangnya dari Neymar dan Gabriel Jesus yang bekerja sama membongkar pertahanan Bolivia. Lima menit kemudian, Lampe kembali menghentikan sepakan jarak dekat Gabriel Jesus.

Brasil menarik Coutinho keluar dan menggantinya dengan Willian pada pertengahan babak kedua, sebelum Neymar melepaskan sepakan keras namun tidak akurat ke gawang pada menit 70.

Tiga menit sebelum laga berakhir, Brasil memiliki dua peluang dari tandukan Gabriel Jesus dan tendangan Neymar, namun keduanya tidak berbuah gol berkat penampilan cemerlang Lampe menurut laporan pertandingan FIFA.

Susunan pemain:

Bolivia (3-4-3): Lampe, Valverde, Raldes, Gutierrez, Bejarano, Justiniano, Machado, Morales, Fierro, Arce, Martins.
Cadangan: Cordano, Quinonez, Candia, Saucedo, Miranda, Ortiz, Castro, Vargas, Alvarez, Cuellaer, Sagredo, Azogue.

Brazil (4-3-3): Alisson, Dani Alves, Thiago Silva, Miranda, Alex Sandro, Paulinho, Casemiro, Renato Augusto, Coutinho, Gabriel Jesus, Neymar.
Cadangan: Cassio, Ederson, Jemerson, Diego Tardelli, Jorge, Marquinhos, Fernandinho, Fred, Willian, Arthur, Roberto Firmino, Danilo.