Pemkab Bartim Optimis Capai Target yang Ditetapkan KPK

id bupati bartim, KPK, sekda bartim

Pemkab Bartim Optimis Capai Target yang Ditetapkan KPK

Bupati Bartim Ampera AY Mebas didampingi Sekda Eskop dan jajaran berfoto bersama dengan Deputi Pencegahan Korupsi KPK Heri Nurudin dan Ramdhani usai membahas rencana aksi pencegahan korupsi, Kamis sore. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah optimis mencapai target terhadap progres yang diinginkan dan ditetapkan Deputi Pencegahan Korupsi KPK.

Bupati Bartim Ampera AY Mebas menegaskan, pihaknya telah menyiapkan segala rencana aksi pencegahan korupsi seperti diharapkan KPK.

"Aksi apa yang perlu seperti perizinan, ULP (Unit Layanan Pengadaan), sistem kepegawaian dan desa-desa, kita siapkan semuanya," katanya kepada Antara Kalteng,  Jumat. 

Menurutnya, apa saja sistem atau layanan standar dari perijinan maka akan dipenuhi. Demikian pula dengan ULP, akan ada membuat aturan berkaitan kode etik.

Intinya ada pembuatan sistem yang berkaitan dengan pencehan korupsi sebagaimana tindaklanjut dari komitmen kepala daerah kepada gubernur dengan KPK.

"Oleh sebab itu,  SOPD yang berkaitan dengan pencegahan aksinkorupsi diharapkan segera menindaklanjutinya," katanya. 

Sekda Bartim Ir Eskop menambahkan, ada delapan jenis item yang ditargetkan memiliki progres yang signifikan untuk dilaksanakan di tahun 2017 dan 2018.

"Yang bisa diselesaikan di tahun 2017, semisal bentuk Peraturan Bupati, keputusan Bupati atau berkaitan SK Bupati, maka akan dibuat regulasinya untuk tuntas tahun ini juga," katanya. 

Sedangkan berkaitan tahun 2018 seperti Perda maupun penganggaran dana untuk pengadaan barang dan jasa berkaitan sarana sistem IT dan aplikasinya akan dilaksanakan tahun 2018.

Saat ini, website SOPD masih belum menjadi satu kesatuan atau terintegrasi. Hal ini diharapkan dibenahi dan padabtahun 2018 akan bisa dilaksanakan, dimana saat ini anggaran pengadaan sarana IT untuk mengintegarasikan jaringan akan disusun dalam anggaran 2018 melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD).

Sehingga informasi berkaiatan e-budgetting (penganggaran) di DPKAD,  SIPPU di DPTMPTSP, e-Pendapatan di Badan Pendapatan Daerah dan rencana pembangunan di Bappeda terintegrasi di website yang dinaungi Diskominfo Bartim. 

"Pada 2018 nanti, kita akan melaksanakan e-Goverment sehingga semuanya bisa dilihat melalui internet," kata Eskop.