DPRD Minta Pemkab Seruyan Maksimalkan Serapan APBDP 2017

id DPRD Seruyan, Ahmad Ruswandi, APBDP Seruyan

DPRD Minta Pemkab Seruyan Maksimalkan Serapan APBDP 2017

Ketua DPRD Seruyan Ahmad Ruswandi. (Istimewa)

APBDP 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh DPRD hendaknya dapat terserap seratus persen,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Ahmad Ruswandi meminta pemerintah setempat agar memaksimalkan serapan anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2017.

"APBDP 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh DPRD hendaknya dapat terserap seratus persen," katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.

Politisi PDI-P ini mengatakan, untuk memaksimalkan serapan anggaran pada APBDP, maka Pemkab Seruyan harus memanfaatkan waktu yang tersisa dengan menggenjot pelaksanaan kegiatan atau program yang ada di masing-masing satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).

"Tentu penyerapan anggaran yang diinginkan harus tetap disesuaikan dengan program yang ada di SOPD," katanya.

Ia menambahkan, meski dituntut untuk memaksimalkan serapan anggaran dengan memanfaatkan waktu yang terbatas. Tetapi Pemkab juga harus memastikan kualitas dan kuantitas kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai dengan aturan.

"Intinya kita berharap anggaran dapat terserap sesuai target, program serta aturan yang ada," katanya.

Adapun komposisi APBDP Seruyan 2017, pendapatan sebelum APBDP sebesar Rp1,009 triliun dan setelah perubahan menjadi Rp1,096 triliun, atau terjadi penambahan Rp86,533 miliar.

Kemudian, untuk belanja sebelum APBDP Rp1,076 triliun dan sesudah perubahan menjadi Rp1,327 triliun, atau terjadi penambahan sebesar Rp250,3 miliar.

Sementara, penerimaan pembiayaan sebelum APBDP Rp74,5 miliar dan sesudah perubahan Rp238,4 miliar. Terjadi penambahan Rp163,8 miliar. Sedangkan pengeluaraan pembiayaan sebelum dan sesudah APBDP tidak mengalami perubahan Rp7,5 miliar.