TNI Dekati Kelompok Kriminal Bersenjata Papua dengan Persuasif

id TNI, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, KKB, Sandera, papua, Kelompok Kriminal Bersenjata Papua, Mulyono

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. (ANTARA FOTO/R Rekotomo )

Magelang (Antara Kalteng) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mengatakan pasukan TNI dan Polri mendekati kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang melakukan penyanderaan dengan cara persuasif.

"Kami melakukan pendekatan dengan cara persuasif, jadi tidak menggunakan cara kekerasan," katanya usai meresmikan prasasti tulisan tangan Presiden pertama RI Soekarno di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia menuturkan pihaknya sudah menyiapkan pasukan yang ada di sana dan sudah terjadi negosiasi. "Mudah-mudahan tidak ada apa-apa," katanya.

Ia mengatakan ada pasukan TNI di sana gabungan dengan Polri untuk semaksimal mungkin menggunakan cara yang persuasif, tidak menggunakan cara kekerasan.

Ia menyampaikan banyak penugasan satuan yang ada di sana, ada organisasi kecil yang juga mempunyai kemampuan untuk pendekatan.

"Untuk melakukan tugas tersebut dipilih orang-orang yang punya spesifikasi atau kemampuan soal itu," katanya.

Ia menegaskan prajurit yang ditugaskan  bukan untuk berperang dengan mereka, tetapi untuk menyadarkan mereka agar melepaskan para sandera.

"Tujuan utama bukan perang dengan mereka, itu yang harus digarisbawahi," katanya.


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar