Bupati Barut Minta Warga Waspada Bencana Banjir

id Bupati Barito Utara, Nadalsyah, Waspada Bencana Banjir

Bupati Barut Minta Warga Waspada Bencana Banjir

Bupati Barito Utara Nadalsyah saat meninjau banjir di sejumlah tempat di Muara Teweh. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah meminta masyarakat waspada terhadap bencana banjir yang kini melanda sejumlah kecamatan yang berada di Sungai Barito maupun anak sungainya di daerah setempat akibat meningkatnya intensitas curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

"Saat ini kami mengambil langkah tanggap dan cepat untuk pemerintah Kabupaten Barito Utara melakukan penanganan-penangganan darurat banjir," kata Bupati Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah dirinya telah memerintahkan Sekretaris Daerah Pemkab setempat Jainal Abidin dan instansi terkait untuk segera bertindak menanggani keadaan ini.

Kepada seluruh masyarakat yang terkena banjir untuk dapat selalu meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan diri sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki dan bupati mengharapkan untuk masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita-berita yang tidak benar.

"Saat ini pemerintah Kabupaten Barito Utara telah melakukan penangganan dan penangulangan atas keadaan banjir ini," katanya.

Langkah cepat dilakukan oleh Bupati Nadalsyah terhadap penangulangan banjir yang telah menenggelamkan hampir sebagian besar pemukiman warga yang berada di Sungai Lahei (anak Sungai Barito) seperti Desa Haragandang, Karendan, Muara Pari dan Rahaden.

Dengan membentuk tim reaksi cepat tanggap darurat yang dipimpin Sekda Jainal Abidin, beserta beberapa kepala perangkat daerah terkait langsung menuju titik banjir untuk melakukan penanganan darurat dengan mendistribusi bantuan beras, paket sembako, selimut, air mineral dan obat-obatan.

Dalam kegiatannya, Sekda H Jainal Abidin yang didampingi oleh beberapa kepala dinas meninjau secara langsung warga masyarakat yang terkena musibah banjir, bahkan rombongan juga melakukan dialog serta komunikasi untuk mengetahui secara langsung tentang berbagai persoalan yang muncul akibat terjadinya banjir ini.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah melalui Sekda H Jainal Abidin berpesan untuk warga masyarakat yang terkena banjir agar tidak panik, lakukan pengamanan diri masing-masing.

"Laporkan kepada perangkat pemerintah ataupun aparat keamanan jika terdapat hal-hal yang dianggap mengancam keselamatan," ujarnya.