Panwaslu Berharap Masyarakat Barsel Kawal Pemilu 2019

id Panwaslu Barito Selatan, Barsel, pemilu barito selatan, pilkada serentak, Nur Chambyah, Panwaslu Berharap Masyarakat Barsel Berpartisipasi Kawal Pemil

Panwaslu Berharap Masyarakat Barsel Kawal Pemilu 2019

Anggota Panwaslu Barsel, Nur Chambyah. (Foto Antara kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan masyarakat kabupaten setempat agar berpartisipasi dalam mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

"Masyarakat diharapkan ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu," kata anggota Panwaslu Barsel, Nur Chambyah usai rapat koordinasi dengan stakeholder Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden, dan Wakil Presiden 2019 mendatang, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, ketika ada terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilihan Umum, masyarakat bisa melakukan pencegahan, dan melaporkannya terkait pelanggaran yang terjadi.

Jadi lanjut Nur Chambyah, pengawasan bukan hanya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panwas, TNI, dan Polri saja, akan tetapi masyarakat berhak mengawasi proses pelaksanaan pemilu.

"Hal itu agar pelaksanaan pemilihan umum bisa berjalan lebih demokratis," ucap dia.

Terkait hal itu , pihaknya melaksanakan rapat koordinasi yang dilaksanakan dengan stakeholder Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Presiden, dan Wakil Presiden 2019 mendatang.

"Melalui rapat koordinasi tersebut, kita menyamakan persepsi dengan Stakeholder, DPRD, tokoh masyarakat, tokoh agama, termasuk dengan jurnalis," tambah Nur Chambyah.

Dalam rapat korrdinasi itu kata dia, pihaknya juga menghadirkan dua orang narasumber yakni Tamarzam, ketua DPRD Barito Selatan, dan dari bagian pemerintahan Setda Kabupaten setempat.