Legislator : Saatnya Desa di Kotim Miliki BUMDes

id DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo, BUMDes

Legislator : Saatnya Desa di Kotim Miliki BUMDes

Ilustrasi - Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri berfoto bersama usai meresmikan warung serba ada milik BUMDes Bersama Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Handoyo J Wibowo berpendapat saatnya setiap desa yang ada di daerah itu untuk memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Keberadaan BUMDes sangat penting karena dapat meningkatkan perekonomian desa, sehingga diharapkan dapat membantu menggerakkan ekonomi masyarakat di desa," katanya di Sampit, Minggu.

Menurut Handoyo, BUMDes harus dimanfaatkan untuk membantu masyarakat. Untuk itu harus ada terobosan untuk menjalankan usaha tersebut.

Usaha milik desa tersebut bisa di bentuk menggunakan dana desa. Bisa berupa toko sembako atau usaha lainnya yang berkaitan pertanian maupun perkebunan.

Handoyo mencontohkan pembangunan toko kebutuhan pokok di halaman kantor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Toko itu dibangun dan dikelola oleh BUMDes. Bahkan ada juga di Mentaya Hilir Utara yang lebih dulu berdiri yakni MHU Mart.

"Dipilihnya toko penjualan bahan pokok karena memang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Karena merupakan yang paling banyak dicari masyarakat, guna memenuhi kebutuhan hidup," katanya.

Lebih lanjut Handoyo mengatakan, usaha ini dinilai cukup menguntungkan. Hasilnya nanti juga akan digunakan untuk pembangunan desa dan kepentingan masyarakat lainnya.

"Sebetulnya banyak peluang usaha yang menjanjikan yang dapat di jalankan. Yang terpenting pihak desa bisa memanfaatkan adanya BUMDes tersebut," ucapnya.

Handoyo mengatakan, puluhan kepala desa yang baru dilantik tersebut perlu melakukan studi banding ke daerah yang memang BUMDes sudah maju, untuk wawasan mereka.

Dengan diberikannya studi banding tersebut diharapkan bisa menjadi percontohan. Dirinya juga sangat berharap agar toko bahan pokok tersebut bisa membantu warga dalam mencari apa yang mereka butuhkan.