Produksi Ikan di Barsel Capai 15 Ribu Ton

id produksi ikan,barsel,Jonny Ngindra,buntok

Kabid Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barsel, Jonny Ngindra. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Produksi ikan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, pada tahun 2017 mencapai sebanyak 15. 241,99 ton. 

"Produksi tersebut melampaui target yang ditentukan," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barsel, Jonny Ngindra, di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, pada 2017 lalu target produksi ikan sebesar 14. 441, 41 ton, dan realisasinya melampaui target yakni sebanyak 15. 241,99 ton atau 103 persen.

"Sedangkan untuk target pada 2018 sebesar 14.733,35 ton, dan kita berharap target tersebut bisa tercapai, dan bisa melampaui target yang ditentukan itu," ucap Jonny Ngindra.

Ia menjelaskan, peningkatan produksi ikan tersebut dari hasil budidaya ikan keramba, dan dari hasil penangkapan ikan di perairan umum seperti sungai, danau, serta rawa.

"Meningkatnya produksi ikan tersebut dampak kesadaran masyarakat akan bahayanya illegal fishing, dan program restocking (Penebaran ikan) diperairan umum," tambah dia.

Selain itu juga lanjut Jonny Ngindra adanya kesempatan para nelayan menangkap ikan pada saat air sedang surut.

"Supaya produksi ikan terus mengalami peningkatan, kita akan melakukan penyuluhan, dan memberikan bantuan sarana, serta prasarana," tambah dia.

Termasuk kata dia, melakukan perehaban sarana budidaya balai benih yang dimanfaatkan untuk pembenihan ikan


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar