Desa di Seruyan berhasil kembangkan PLTMH

id Seruyan,PLTMH,Desa Tumbang Sepan

Desa di Seruyan berhasil kembangkan PLTMH

Kabupaten Seruyan mulai mengoperasionalkan PLTMH yang berada di Desa Tumbang Langkai Kecamatan Suling Tambun. (FOTO ANTARA Kalteng/Fahrian Adrianoor)

...pembangunan PLTMH itu sepenuhnya menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD)
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Desa Tumbang Sepan, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, berhasil mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) untuk memenuhi kebutuhan listrik warga desa tersebut.

Kepala Desa Tumbang Sepan Jamaludin di Kuala Pembuang, Rabu, mengatakan, pembangunan PLTMH itu sepenuhnya menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD).

"PLTMH itu dibangun pada 2017. Tahap awal menghabiskan dana Rp500 juta dan pembangunan selanjutnya menggunakan biaya Rp300 juta, jadi keseluruhan pembangunan menggunakan dana sebesar Rp800 juta," katanya.

Jamaludin menceritakan, ide pembuatan PLTMH itu dimulai beberapa tahun lalu pada saat ia menjabat sebagai Kepala Desa Tumbang Setawai Kecamatan Seruyan Hulu.

Kala itu ia yang mempelajari PLTMH secara otodidak berhasil membuat PLTMH dengan metode yang sangat sederhana dan peralatan seadanya.

"Setelah saya pindah ke Desa Tumbang Sepan, pengalaman itu coba saya terapkan dengan skala yang lebih besar," katanya.

Ia menjelaskan, meski tidak mengetahui secara pasti daya yang.dihasilkan, namun dengan memanfaatkan potensi aliran air sungai, PLTMH yang dibangun secara sederhana kini dapat memenuhi kebutuhan listrik puluhan rumah yang ada di Desa Tumbang Sepan.

"PLTMH yang berhasil kita bangun memang masih perlu banyak pembenahan. Untuk tahun ini rencananya kita akan anggarkan untuk panel box air agar tenaga PLTMH bisa maksimal," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono mengapresiasi Pemerintah Desa Tumbang Sepan yang berhasil memanfaatkan anggaran desa untuk kepentingan masyarakat.

"Walapun PLTMH masih menggunakan teknologi yang sangat sederhana, tapi kita dengan apa yang telah dilakukan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Tumbang Sepan khususnya dalam memanfaatkan anggaran desa untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat patut dicontoh oleh desa lain di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Kita sangat berterima kasih, mudah-mudahan apa yang telah dilakukan dapat menjadi motivasi dan contoh bagi desa lain dalam pemanfaatan anggaran desa untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat," katanya.