Gubernur Kalteng ingatkan petahana jangan intervensi ASN

id gubernur kalteng,ASN, calon petahana

Gubernur Kalteng ingatkan petahana jangan intervensi ASN

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengingatkan seluruh petahana atau kepala daerah yang mencalonkan diri kembali pada Pilkada 2018 untuk berkompetisi secara jujur dan tidak mengintervensi aparatur sipil negara agar memilih serta memenangkan dirinya.

Apabila ada petahana ketahuan dan terbukti mengintervensi ASN maka akan diambil tindakan tegas dengan 'menyekolahkan' ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kata Sugianto di Palangka Raya, Rabu.

"Saya akan ambil tindakan apabila hal demikian ditemukan. Saya ingin ASN di Kalteng ini benar-benar netral di Pilkada. Saya ingatkan kembali, petahana jangan coba-coba intervensi ASN. Saya 'sekolahkan'` nanti ke Kemendagri," tegasnya.

Dari 11 Kabupaten/kota di Kalteng yang melaksanakan Pilkada, ada tujuh calon yang merupakan petahana, yakni Bupati Kapuas Ben Ibrahim, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Bupati Barito Utara Nadalsyah, Bupati Murung Raya Ferdy Yosef, Bupati Katingan Sakariyas, dan Bupati Seruyan Sudarsono.

Orang nomor satu di provinsi ini pun meminta para peserta bisa bertarung dengan adil demi daerahnya masing-masing. Sebab suksesnya pilkada di daerah tidak hanya ditentukan oleh peningkatan partisipasi pemilih, namun sikap adil dari para kontestan juga menjadi salah satunya.

"Ya, soal bersikap adil ini juga harus diperhatikan oleh Panitia Pengawas pemilih (Panwasli) dan KPU setempat. Mereka ini kan penyelenggara Pilkada. Ya anggaplah mereka sebagai wasitnya," kata Sugianto.

Gubernur Kalteng ini juga mengharapkan agar Polda dan pihak lainnya tidak ragu menindak apabila ada pihak yang memainkan isu suku, agama, ras dan Antargolongan (SARA) untuk menjatuhkan pasangan lainnya.

"Main isu SARA untuk menjatuhkan orang lain itu pertarungan jelek. Ya, bertarunglah dengan adil, tunjukkan kapasitasnya. Kita ingin Pilkada di Kalteng ini terlaksana dengan sangat berkualitas," demikian Sugianto.