Pemkab Barut prioritaskan usulan masyarakat kecamatan

id pemkab barut,Jainal Abidin,prioritaskan usulan masyarakat kecamatan

Pemkab Barut prioritaskan usulan masyarakat kecamatan

Sekda Jainal Abidin (kanan) menyerahkan peralatan kesehatan kepada petugas Puskesmas Kandui Kecamatan Gunung Timang, Rabu (21/2). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah memprioritaskan usulan pembangunan dari masyarakat di kecamatan setempat.

"Kami minta semua usulan pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat dan dipilih yang nantinya akan dimasukkan dalam usulan skala prioritas Pemerintah Daerah," kata Sekretaris Daerah Barut, Jainal Abidin saat membuka Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2018 di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Kamis.

Menurut Jainal, dalam pelaksanaan Musrenbang terdapat berbagai kebutuhan prioritas, rencana dan kepentingannya masing-masing.

Hasil-hasil dari kesepakatan Musrenbang akan digunakan untuk menyempurnakan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan.

"Banyaknya usulan-usulan yang masuk dari rangkaian musrenbang yang telah digelar dan juga ketersediaan anggaran Pemkab Barito Utara serta tetap berpedoman pada ketentuan dan aturan yang berlaku," katanya.

Jainal mengatakan tujuan dari pelaksanaan musrenbang kecamatan ini untuk menyinkronkan hasil-hasil dari kesepakatan Musrenbangdes yang akan digunakan untuk menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2019 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan sebagai landasan penyusunan RAPD tahun 2019.

Dalam penyusunan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2019, salah satu tahapan yang harus dilalui adalah musrenbang tingkat kecamatan yang kita laksanakan pada hari ini.

"Sebelumnya terlebih dahulu dilaksanakan musrenbang tingkat desa/kelurahan untuk menentukan usulan prioritas dari masing-masing desa/kelurahan," ujar Jainal.

Usai pembukaan musrenbang kecamatan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU desa ramah anak antara Dinas Pengendalian,Penduduk,Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Barito Utara dengan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Gunung Timang, pemberian vitamin A pada balita dan penyerahan alat-alat kesehatan oleh Sekda Jainal Abidin kepada Puskesmas Kandui.