Pemkab berharap Kafilah Kotim bisa raih prestasi di MTQ Kalteng

id Wakil Bupati kotim, HM Taufiq Mukri, MTQ Kalteng

Pemkab berharap Kafilah Kotim bisa raih prestasi di MTQ Kalteng

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri menyerahkan piala juara umum MTQ ke-49 kepada Camat Mentawa Baru Ketapang, Ahmad Sarwo Oboy, Rabu (14/3/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, berharap kafilah kabupaten tersebut bisa meraih prestasi terbaik dalam Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Juara MTQ tingkat kabupaten akan dipersiapkan mewakili Kotawaringin Timur ke MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Mudah-mudahan nanti mereka bisa mempersembahkan yang terbaik," harap Wakil Bupati HM Taufiq Mukri di Sampit, Kamis.

MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 rencananya dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau. Seperti halnya daerah lain, saat ini Kotawaringin Timur juga terus melakukan persiapan.

Rabu (15/3) malam, Taufiq menutup MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur yang dilaksanakan di Kecamatan Cempaga. Hasil akhir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang masih kokoh mempertahankan prestasi sebagai juara umum yang kali ini untuk ke empat kalinya.

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang menjadi juara umum setelah membukukan nilai 46 poin. Juara II diperoleh Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dengan nilai 33, juara III diperoleh Kecamatan Cempaga dengan nilai 33 dan juara IV diperoleh Kecamatan Cempaga Hulu dengan nilai 31 poin.

Taufiq mengucapkan selamat kepada kecamatan dan peserta yang menjadi juara. Bagi peserta yang belum menjadi juara diharapkan tidak berkecil hati karena capaian saat ini harus dijadikan motivasi untuk meraih prestasi lebih tinggi.

Taufiq meminta Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an membina para juara agar kemampuannya lebih meningkat sehingga bisa menampilkan yang terbaik saat tampil pada MTQ tingkat provinsi. Pembinaan harus dilakukan secara intensif dan lebih optimal.

Hasil MTQ tingkat kabupaten menjadi bahan evaluasi bagi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an dalam melakukan pembinaan. Kekurangan yang ada harus diperbaiki agar hasilnya nanti lebih optimal.

"Mudah-mudahan nanti kafilah Kotawaringin Timur bisa tampil optimal dan mampu meraih tertinggi saat MTQ nanti. Saya minta pembinaan dimaksimalkan," kata Taufiq.

Sementara itu, rapat LPTQ memutuskan MTQ ke-50 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2019 akan dilaksanakan di Kecamatan Tualan Hulu. Seluruh kecamatan disarankan meningkatkan pembinaan sejak awal sehingga hasilnya lebih optimal.