Harga murah, Bulog buka 'Pasar Rakyat Kita'

id Bulog Divren Kalteng,Pasar Rakyat Kita di Kalteng,Pasar Rakyat Kita milik Bulog,Pasar Rakyat Kita di Palangka Raya

Harga murah, Bulog buka 'Pasar Rakyat Kita'

Direktur Komersial Perum Bulog, Try Wahyudi Saleh (kiri) dan Asisten II Pemprov Kalteng, Nurul Edy menunjukan produk beras yang dijual di Pasar Rakyat Kita, Pasar Besar Kota Palangka Raya, Kamis (22/3/18). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Nanti kita akan undang para pedagang untuk bergabung di Pasar Induk tersebut. Tapi ya harganya tentu sesuai dengan HET yang telah ditetapkan Pemerintah. Ini upaya kita agar harga pangan dapat tetap stabil
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Direktur Komersial Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Pusat, Try Wahyudi Saleh meresmikan 'Pasar Rakyat Kita' yang terletak di Pasar Besar Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis.

Keberadaan 'Pasar Rakyat Kita' ini merupakan indikator kehadiran Perum Bulog ditengah-tengah masyarakat sekaligus salah satu upaya menstabilkan harga bahan pangan di wilayah ini, kata Try usai peresmian.

"Jadi nantinya kita akan persiapkan dan menjual berbagai kebutuhan masyarakat di 'Pasar Rakyat Kita' ini. Mulai dari beras, minyak goreng, gula, daging, bawang merah dan bawang putih, serta lainnya," tambahnya.

Try didampingi Kepala Bulog Divren Kalteng Ma'ruf menyebut sekarang ini pihaknya juga sedang berupaya mempersiapkan Pasar Induk di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Kalteng.

Dia mengatakan telah memiliki data lahan kosong dan mengajukan kepada pemerintah daerah agar dapat dijadikan Pasar Induk. Namun, jika lahan tersebut tidak ada, dapat dipergunakan Gudang Bulog menjadi Pasar Induk.

"Nanti kita akan undang para pedagang untuk bergabung di Pasar Induk tersebut. Tapi ya harganya tentu sesuai dengan HET yang telah ditetapkan Pemerintah. Ini upaya kita agar harga pangan dapat tetap stabil," katanya.

Sebelum memasuki bulan puasa tahun 2018 Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghendaki harga beras harus kembali stabil. Perum Bulog seluruh Indonesia, termasuk Divren Kalteng berkewajiban merealisasikan apa yang menjadi kehendak Presiden tersebut.

Dia mengatakan 'Pasar Rakyat Kita' tidak hanya ada di Provinsi Kalimantan Tengah, tapi hampir di seluruh Indonesia akan dioptimalkan agar harga beras sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Pemerintah.

"Selain menjual beras di 'Pasar Rakyat Kita', Bulog juga akan mengoptimalkan penyerapan gabah maupun beras langsung dari petani. Kita di Kalteng ini pernah menyerap gabah dan beras sebanyak 3.000 ton dalam sebulan. Kita akan optimalkan lagi," demikian Try.