Kodim Muara Teweh buka jalan antardesa di kecamatan Teweh Timur

id Pjs Bupati Barito Utara, Sapto Nugroho, Dandim 1013 Muara Teweh

Kodim Muara Teweh buka jalan antardesa di kecamatan Teweh Timur

Pjs Bupati Barito Utara Sapto Nugroho dan Dandim 1013 Muara Teweh usai melakukan pertemuan membahas TMMD di Muara Teweh, Kamis (22/3). (Ist)

Muara Teweh ( Antaranews Kalteng) - Kodim 1013 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membuka ruas jalan desa sepanjang 15 kilometer di wilayah Kecamatan Teweh Timur mulai 4 April hingga 3 Mei 2018 dengan dana sebesar Rp 1 miliar.

"Pembukaan jalan oleh personel TNI-AD melalui TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dalam waktu dekat," kata Penjabat sementara Bupati Barito Utara, Sapto Nugroho di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Sapto, jalan yang dibuka itu dari Gelana wilayah Desa Benangin III menuju ke jalan negara arah Lampeong dan Desa Sampirang II nantinya jalan ini tersambung dengan jalan desa lainnya.

"Saya ucapkan terima kasih karena Kodim 1013 Muara Teweh sudah banyak memberikan kontribusi demi menciptakan iklim kondusif di Kabupaten Barito Utara," kata Sapto.

Dandim 1013 Muara Teweh Letkol (Arh) Abraham Karelo mengatakan dalam kegiatan TMMD, pihak Kodim menurunkan 150 personil ke Kecamatan Teweh Timur untuk membuka jalan sepanjang 15 kilometer dengan lebar delapan meter.

Pada jalan yang akan dibuka ini terdapat dua jembatan dan lima gorong-gorong.

"Semula direncanakan sepanjang 9 kilometer, tetapi warga meminta panjang jalan ditambah, sehingga totalnya menjadi 15 kilometer dananya dari Pemkab Barito Utara," kata dia.

Dandim mengatakan TNI membiayai satu gorong-gorong, sisanya melalui swadaya dengan masyarakat.

Nanti saat jalan ini terbuka, Jalan Padat Karya tidak dipakai lagi, karena kalau air sungai pasang jalan itu tak bisa dilewati.

"Berhubung volume pekerjaan cukup banyak, saat ini pihak Koramil bersama pemerintah kecamatan dan warga sudah mulai merintis pekerjaan dengan memberi tanda pada lahan milik warga. Jadi warga sendiri yang memberi tanda, jalan tersebut lewat lahan yang mana, apakah lewat pinggir atau langsung di tengah," jelas Abraham.