Ada Hakim 'nakal' segera laporkan ke Pengadilan Tinggi

id Pengadilan Tinggi Palangka Raya,hakim nakal, Syahrial Sidik

Ada Hakim 'nakal' segera laporkan ke Pengadilan Tinggi

Ketua Pengadilan Tinggi Kota Palangka Raya Syahrial Sidik saat dibincangi awak media, Rabu (2/5/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Pengadilan Tinggi Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Syahrial Sidik menegaskan apabila masyarakat ada menemukan oknum hakim 'nakal' yang bekerja tidak menjalankan sesuai dengan kode etiknya, maka segera laporkan ke pihaknya untuk ditindak lanjuti sesuai dengan informasi tersebut. 

"Kami selalu siap untuk menerima informasi dari masyarakat baik mengenai kinerja hakim yang diduga melenceng dari kode etiknya. Mengenai sanksi tentu ada, namun kami tidak bisa membeberkan kepada awak media karena ini sifatnya tertutup," kata Syahrial Sidik usai memimpin pengambilan sumpah janji advokat perkumpulan pengacara dan konsultan hukum Indonesia di gedung Pengadilan Tinggi Kota Palangka Raya, Rabu.

Syahrial Sidik dengan terang-terangan bahwa selama ini ada oknum hakim yang melakukan pelanggaran kode etik dan diberi sanksi sesuai dengan kesalahannya. Hanya saja hakim yang di pecat untuk di wilayah Provinsi Kalteng selama ini belum ada. 

"Selama ini banyak isu seorang hakim bermain mata dengan seseorang yang tersandung tindak pidana, namun belum ada buktinya dan itu hanya isu saja," katanya. 

Orang nomor satu di Pengadilan Tinggi kota setempat itu menjelaskan, bagi masyarakat yang mengetahui dan memiliki bukti keterlibatan oknum hakim menyalahi kode etiknya segera laporkan dan kami akan memeriksa oknum yang disangkakan tersebut dan menanyakan mengenai indikasi adanya pelanggaran kode etik yang dilakukannya.

"Selain melanggar kode etik apabila ada hakim kembali nikah tidak secara resmi segera laporkan, tetapi harus dengan bukti yang kuat agar menjadi bahan acuan pihaknya untuk menelusuri informasi mengenai hal tersebut," bebernya.

Sekedar informasi, untuk saat ini masyarakat bila ingin mengetahui seputaran layanan publik dan sebagainya, bisa mengunjungi website Pengadilan Tinggi Kota Palangka Raya di http://ptpalangkaraya.go.id/ atau langsuang datang kebagian pengaduan mengenai keluhan kinerja Pengadilan Tinggi setempat serta lain sebagainya.