Pawai takbir keliling berhadiah hingga puluhan juta rupiah [VIDEO]

id idul fitri,pawai takbir palangka raya,kalteng berkah,gubernur kalteng sugianto sabran

Pawai takbir keliling berhadiah hingga puluhan juta rupiah [VIDEO]

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memberikan sambutan di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kamis (14/6/18). malam. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 105 mobil hias serta puluhan motor meramaikan pergelaran pawai takbir akbar menyambut hari raya Idul Fitri 2018 yang dilaksanakan di kawasan Bundaran Besar, Palangka Raya.

"Peserta pada pawai takbir kali ini diikuti 105 mobil hias serta motor. Turut berpartisipasi dalam pawai ini seperti Forkopimdan Kalteng, jajaran pemerintah provinsi, instansi vertikal, perbankkan, ormas, majelis taklim, pondok pesantren dan sejumlah sekolah," kata Ketua PHBI Kalimantan Tengah, Nurul Edi yang juga sebagai ketua panitia dalam sambutannya saat acara pawai, Kamis malam.

Mobil peserta pawai tersebut dihias dengan berbagai model bernuansa islami mulai masjid hingga kabah yang berbalut gemerlap lampu hias.

Dia pun menambahkan, dalam pawai takbir tersebut juga disiapkan sejumlah hadiah sebagai bentuk apresiasi bagi peserta pawai.

"Total hadiah yang disiapkan ialah sebanyak Rp30 juta yang penyerahannya akan dibagi menjadi dua kategori. Pertama kategori instansi kantor dan kategori umum. Masing-masing juara pertama mendapat Rp7 juta, kemudian juara dua Rp5 juta dan juara tiga Rp3 juta," katanya.
 
Peserta pawai takbir di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kamis (14/6/18) malam. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Dia menerangkan, acara ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur usai sebulan melaksanakan ibadah puasa. Kemudian juga sebagai bentuk gema dan syiar Islam serta sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat di Palangka Raya.

Acara yang dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya ini dilepas langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran.

Turut hadir seperti Wakil Ketua DPRD Kalteng, Kapolda, Danrem 102 Panju Panjung, Ketua DAD Kalteng, anggota DPR-RI dapil Kalteng, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya.
 
Peserta pawai takbir di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kamis  (14/6/18) malam. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

"Melalui acara ini kami berharap agar kita dapat memaknai Idul Fitri sebagai momentum saling maaf memaafkan sehingga kita bersama-sama mampu membangun dan memajukan Kalteng menuju Kalteng Berkah," kata Gubernur Sugianto.

Berdasarkan pantauan, masyarakat Kota Palangka Raya antusias menyaksikan pawai tahunan tersebut. Tak hanya orang tua dan pemuda, anak-anak pun mulai memadati sekitar kawasan bundaran besar sejak sebelum acara dimulai.

"Meski acara dimulai pukul 20.00 namun saya bersama keluarga sengaja datang setelah isya sekitar pukul 19.00 WIB untuk mencari posisi yang strategis untuk melihat pawai," kata Ismail Yusuf warga yang menyaksikan pawai.

Dalam acar tersebut setidaknya 234 personil gabungan yang terdiri dari 104 personel Polres Palangka Raya, 30 personel Ditsabhara Polda Kalteng, 30 personel Ditlantas, 30 personel Satbrimob, 10 personel Jinbom dan 30 personel Kodim 1016 Palangka Raya disiagan melakukan pengaman di sepanjang rute pawai.