KPU Barito Utara siap gelar pilkada

id Pilkada Barut,Ketua KPU Barito Utara Alamsyah,KPU Barito Utara siap gelar pilkada

KPU Barito Utara siap gelar pilkada

Pjs Bupati Barito Utara Sapto Nugroho didampingi pejabat lainnya melakukan penijauan kesiapan Pilkada di kantor KPU setempat di Muara Teweh, Kamis (21/6/18). (Foto Dinas Kominfo dan Pesandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah siap menggelar Pemilihan Kepala Daera (Pilkada) setempat pada 27 Juni 2018.

"Saat ini kesiapan kami telah mencapai lebih 95 persen, saat ini kami telah menerima 100.115 surat suara yang mana di dalamnya juga terdapat 2.000 lembar surat suara cadangan bila diperlukannya pemungutan suara ulang," kata Ketua KPU Barito Utara Alamsyah di Muara Teweh, Kamis.

Hal itu disampaikanya saat menerima kunjungan Penjabat Sementara Bupati Barito Utara Sapto Nugroho, Kapolres AKBP Dostan Matheus Siregar, Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya ke kantor KPU setempat terkait memantau kesiapan penyelenggaraan Pilkada.

Menurut Alamsyah, selain kesiapan lainnya juga alat-alat pilkada maupun sarana dan prasana pendukung telah dipersiapkan dan dikoordinasi dengan pihak terkait.

Setelah dilakukan penghitungan ulang jumlah surat suara oleh KPU Barito Utara bersama pihak Kepolisian dan PPK terdapat sebanyak 94.699 lembar surat suara dalam kondisi baik dan 3.416 sisanya dalam keadaan rusak.

"Surat suara yang dalam kondisi rusak itupun telah di laporkan kepada pihak penyedia dan mendapatkan penggantiannya kembali," ucap Alamsyah.

Pjs Bupati Barito Utara Sapto Nugroho mengimbau agar kiranya dalam pendistribusian logistik nanti dapat berjalan dengan hati-hati, dan mendapat pengamanan extra terlebih kepada TPS yang termasuk dalam kategori terpencil.

"Sehingga nantinya tidak terdapat sengketa pilkada yang dikarenakan gagal atau terhambatnya pendistribusian logistik," ujarnya.

Pjs Bupati juga meninjau gudang logistik yang di dalamnya terdapat kotak suara untuk disiapkan nantinya serta didistribusikan dan digunakan dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2018.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara diikuti dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut satu Nadalsyah dan Sugianto Panala Putara serta pasangan nomor urut dua Taufik Nugraha - Ompie Herby.