Program Kominfo Daerah-Pemprov Kalteng dinilai belum bersinergi

id sekda kotim,program kominfo,belum bersinergi

Program Kominfo Daerah-Pemprov Kalteng dinilai belum bersinergi

Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor saat membuka rapat koordinasi teknis bidang komunikasi dan infomatika se-Kalteng di Sampit, Kamis (5/7/2018). (Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor menilai program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten/kota belum bersinergi dengan program kerja Pemprov Kalteng.

"Karena belum bersinergi itu akibatnya banyak peraturan dari Pemerintah Pusat yang tidak terakomodir oleh pemerintah daerah. Dan hal itulah yang harus diperhatikan oleh Diskominfo untuk menyelesaikannya," kata Halikinnor saat membuka rapat koordinasi teknis bidang komunikasi dan infomatika se-Kalteng di Sampit, Kamis.

Dikatakan bahwa urusan pemerintahan bidang Kominfo masuk dalam kategori konkuren yang bersifat wajib. Hal itu dikarenakan terkait pelayanan publik.

Untuk itu masyarakat harus mendapatkan layanan informasi bermanfaat baik berupa data maupun lainnya. Tetapi hingga kini hal tersebut belum dapat di akomodasi secara optimal. Sehingga sangat perlu diperhatikan oleh Kominfo.

Dalam rakor tersebut, diharapakan adanya pemahaman dan persepsi yang dalam membangun Kominfo dengan segala permasalahan yang ada, guna mensinergikan kegiatan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

"Selain itu, juga dapat meningkatkan peran dan fungsi kominfo di daerah sebagai pusat data dan informasi dalam melaksanakan pelayanan publik. Sehingga nantinya harus selalu mengupdate konten data kabupaten/kota maupun SOPD," ucapnya.

Lebih lanjut Halikin mengatakan, hal itu dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Sehingga pelayanan publikpun bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kotawaringin Timur Multazam mengatakan, rakor itu dilakukan sebagai langkah perubahan Kominfo sesuai tema Kominfo sebagai pusat gravitasi baru menuju Kalteng Berkah.

"Hal yang pasti perubahan-perubahan kinerja Kominfo akan kami bahas semunya. Guna perubahan kinerja menjadi lebih baik lagi," katanya.

Kominfo bertekad akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat maupun daerah terkait informasi dan data.