28 tahun lamanya, akhirnya Inggris rasakan semifinal Piala Dunia

id Piala Dunia Rusia,Inggris menang lawan Swedia,Dele Alli ,Jordan Pickford

28 tahun lamanya, akhirnya Inggris rasakan semifinal Piala Dunia

Gelandang Inggris Dele Alli (kiri dalam) merayakan gol bersama Harry Kane (kanan dalam) dan rekan setimnya pada perempat final Piala Dunia 2018 di Samara (7 Juli 2018). (Fabrice COFFRINI / AFP)

Samara (Antaranews Kalteng) - Tandukan Harry Maguire dan Dele Alli dalam permainan Inggris yang impresif, berhasil mengantar pasukan Gareth Southgate itu melaju ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah 28 tahun, saat Inggris menempati posisi keempat pada Piala Dunia 1990 di Italia.

Inggris mengeliminasi Swedia setelah mendulang kemenangan 2-0 di Samara Arena, Sabtu.

Maguire membuka keunggulan timnya pada menit ke-30 dan Alli menggandakan kedudukan setelah turun minum, ketika skuad muda asuhan Gareth Southgate terus melampaui ekspektasi-ekspektasi pra-turnamen dengan penampilan meyakinkan.

Kali ini bukan Harry Kane yang menjadi bintang utama, namun Inggris menemukan pahlawan lain di lapangan ketika Jordan Pickford melakukan tiga penyelamatan bagus untuk membungkam Swedia.

Tuan rumah Rusia atau Kroasia, yang akan bertemu pada Sabtu malam dan memiliki peringkat yang lebih rendah dari pasukan Southgate, akan menjadi rintangan Inggris menuju final Piala Dunia pertamanya sejak mengangkat trofi pada 1966.

Swedia mencapai perempat final dengan menyingkirkan lawan-lawan yang di atas kertas lebih superior. Awalnya, Inggris pun terlihat tidak mampu memainkan operan untuk menembus pertahanan rapat lawannya. Namun, seperti yang telah diprediksi, kebuntuan akhirnya pecah dari situasi bola mati.

Baca juga: - Ini tiga cara Inggris bila ingin kalahkan Swedia

                   - Berkat ketangguhan kiper Pickford, Inggris malenggang ke perempat final



Tandukan keras

Inggris menggempur tanpa menuai hasil sebelum Ashley Young melepaskan tendangan sudut di sisi kiri. Sepakan melengkung itu disambut Maguire yang merangsek ke depan dan mengungguli Emil Forsberg untuk kemudian melepaskan tandukan keras masuk ke dalam gawang.

Itu merupakan gol kedelapan Inggris yang didapat dari situasi bola mati.

Raheem Sterling menghadapi banyak kritik karena kesulitan mencetak gol. Para pengkritiknya mendapat lebih banyak amunisi saat striker sayap Manchester City itu dua kali gagal menaklukkan kiper Swedia Robin Olsen meski berada dalam situasi bagus.

Skor hampir imbang jika Pickford tidak melakukan penyelamatan bagus untuk menahan sundulan Berg.

Baca juga: Inggris dan Swedia rebutkan tiket ke semifinal

Namun, pukulan mematikan untuk Swedia tercipta pada menit ke-59 saat umpan silang Jesse Lingard ke kotak penalti disundul Alli yang tidak terkawal di tiang jauh untuk menaklukkan Olsen.

Inggris yang tidak "clean sheet" dalam empat pertandingan sebelumnya, harus berterima kasih kepada Pickford yang memastikan gawang mereka tidak kemasukan.

Sang kiper melakukan penyelamatan bagus terhadap upaya Viktor Claesson sebelum menepis tembakan Berg ke atas mistar gawang, dan hal itu sudah cukup untuk memastikan harapan-harapan Swedia mencapai semifinal pertama mereka sejak 1994 kandas.