Ini jadwal keberangkatan jamaah calon haji Palangka Raya

id Jadwal berangkat haji,jamaah haji palangka raya, agustus

Ini jadwal keberangkatan jamaah calon haji Palangka Raya

Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, Baihaqi di ruang kerjanya, Senin (4/9). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 226 jamaah calon haji asal Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dijadwalkan diberangkatkan menuju Asrama Embarkasi Haji Antara Palangka Raya pada 7 Agustus 2018.

"Dari hasil rapat terakhir di tingkat provinsi, jamaah calon haji asal Palangka Raya diberangkatkan menuju asrama haji pada 7 Agustus sore pukul 17.00 WIB," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, H.Baihaqi,MAP di Palangka Raya, Kamis.

Selanjutnya jamaah calon haji asal Ibu kota Provinsi Kalteng itu akan melewati masa karantina di asrama haji selama 24 jam. Para jamaah kemudian diberangkatkan menuju Arab Saudi pada 8 Agustus 2018.

"Untuk proses pelepasan jamaah menuju asrama haji embarkasi antara direncanakan dilakukan langsung oleh wali kota. Segala prosesnya termasuk transportasi tengah kami rapatkan dengan pemerintah kota," katanya.

Dia menerangkan, secara umum persiapan dan kondisi jamaah calon haji asal Kota Palangka Raya siap. Mulai dari kondisi fisik maupun perlengkapan pendukung seperti paspor dan visa.

"Namun satu jamaah kita mantan lurah Kalampangan meninggal. Berdasar ketentuan yang baru bisa digantikan keluarganya dan dia digantikan anaknya. Saat ini proses pergantian tengah diurus," katanya.

Dia menyebutkan dari seluruh jamaah asal Palangka Raya, calon jamaah haji tertua atas nama Masturah, wanita berusia 72 tahun. Sementara jamaah haji usia termuda atas nama Marifah 25 tahun.

Sebelumnya, Kasi Pendaftaran Haji dan Umroh, Kemenag Kalteng, Suwarso mengatakan jamaah haji asal Kota Palangka Raya akan diberangkatkan pada kloter 14.

Kloter ini akan diisi jamaah dari Palangka Raya sebanyak 226 orang, Kabupaten Seruyan 13 orang, Kabupaten Murung Raya, 74 orang serta satu TPHD.

Secara keseluruhan, jamaah haji asal Kalteng berjumlah 1.633 jamaah yang keberangkatannya dibagi menjadi enam kloter.

Para jamaah calon haji asal Kalteng diminta mulai menjaga dan mulai mempersiapkan kesehatan fisik sebelum berangkat ke tanah suci.

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar jamaah dalam menunaikan rukun Islam tersebut menjadi khusyuk.

Selain itu, para jamaah juga diminta terus mempelajari tata-cara dan urutan berhaji agar nantinya dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik.