Calon haji Kapuas diberi pembekalan matangkan kesiapan berangkat

id pemkab kapuas, haji kapuas, kuala kapuas, kapuas

Calon haji Kapuas diberi pembekalan matangkan kesiapan berangkat

Pelaksanaan Manasik Haji Kalimantan Tengah 2024 di Kabupaten Kapuas, (6/2/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Jumlah calon haji yang berasal dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah keberangkatan tahun 2024 yakni sebanyak 300 orang.
 
“Semoga para calon jemaah haji yang berangkat pada 2024 ini memperoleh haji yang mabrur dan meningkatkan kualitas iman, ilmu dan amal shaleh baik secara individual maupun secara sosial,” kata Sekda Kapuas Septedy di Kuala Kapuas, Rabu.
 
Hal itu disampaikannya, saat membuka pelaksanaan manasik haji tingkat provinsi di kabupaten setempat di aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.
 
Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang dibacakan Septedy, disampaikan atas nama pemerintah provinsi menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
 
"Tentunya kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman tentang mansik haji," katanya.

Baca juga: DPMD Kapuas terus lakukan sosialisasi lomba TTG
 
Menurutnya pembekalan calon haji dengan pengetahuan ibadah sejak dini merupakan salah satu strategi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan jemaah di tengah semakin panjangnya antrean. Adapum masa tunggu haji di provinsi setempat mencapai hingga 27 tahun.
 
"Pembimbingan dan penyuluhan ini juga tentunya secara psikologis akan membentuk ikatan silaturahim yang kuat antara pemerintah dengan jemaah dan antara jemaah dengan jemaah sebelum berangkat ke tanah suci," ujarnya.
 
Turut hadir dalam giat tersebut Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kalteng Hasan Basri, Plt Kepala Biro Kesra Setda Kalteng Ahmad Fahruka, Kepala Kementerian Agama Kapuas Hamidhan dan perwakilan Forkopimda Kapuas.

Baca juga: Legislator Kapuas berharap keberadaan Mal Pelayanan Publik lebih dioptimalkan

Baca juga: Disperindagkop dan UKM Kapuas diminta berupaya stabilkan harga bahan pokok

Baca juga: Legislator Kapuas dukung Dinsos konsisten bantu kelompok RKM