Keluarga JCH diharapkan tidak was-was

id calon haji,jamaah,keluarga haji,naik haji

Keluarga JCH diharapkan tidak was-was

Ilustrasi. Calon haji (ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG) (Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Baihaqi meminta keluarga agar tak was-was dan betul-betul ikhlas melepas kepergian jamaah calon haji untuk memenuhi panggilan rukun Islam melaksanakan ibadah Haji ke Tanah Suci Makkah-Madinah.

"Saya mengajak warga di Tanah Air khususnya warga Kota Palangka Raya untuk mengikhlaskan kepergian keluarganya yang tengah menjalankan ibadah haji. Jauhkan diri dari perasaan khawatir dan serahkan semuanya kepada Allah SWT, karena ibadah ini adalah panggilan-Nya," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan, keikhlasan melepas keluarganya yang menjalankan ibadah di tanah suci menjadi salah satu kunci ketenangan batin dan kekhusyuan jamaah dalam menjalankan setiap rukun dan sunah haji.

Baihaqi juga meminta keluarga yang ditinggal tidak membebani pikiran jamaah dengan kejadian-kejadian yang terjadi di rumah.

Dia pun mengimbau agar setiap melakukan kontak dapat memberikan dorongan dan semangat agar jamaah haji semakin fokus serta konsentrasi melaksanakan ibadah.

Baihaqi juga meminta keluarga yang berada di tanah air tak membebani pikiran jamaah dengan mengabarkan berita-berita yang negatif atau mengkhawatirkan.

"Buang jauh-jauh perasaan was-was. Lebih baik jika kita mendoakan kesehatan, keselamatan dan kelancaran keluarga yang berhaji. Jangan berikan mereka berita yang dapat merusak konsentrasi ibadah," katanya.

Jamaah calon haji asal Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 222 jamaah. Keberangkatan para jamaah tersebut dilepas langsung oleh wali kota Riban Satia pada Selasa 7/8 sore.

Para jamaah calon haji saat ini mulai diberangkatkan dari Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya menuju Arab Saudi untuk segera mengikuti rangkaian ibadah haji.

Jamaah calon haji asal Palangka Raya ini akan diberangkatkan pada kelompok terbang 14 bersamaan dengan JCH asal Kabupaten Seruyan 13 orang, Kabupaten Murung Raya, 74 orang serta satu TPHD.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, baihaqi pun mengingatkan para jamaah untuk selalu menjaga dan mulai mempersiapkan kesehatan fisik sebelum berangkat ke tanah suci.

Selain itu, para jamaah juga diminta terus mempelajari tata-cara dan urutan berhaji agar nantinya dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik.