Warga Barut ikuti pelatihan budidaya lebah madu

id budidaya lebah madu kelulut,trigona,pelatihan

Warga Barut ikuti pelatihan budidaya lebah madu

KPHP Barito Tengah bersama pihak perusahaan melatih warga membudidayakan madu kelulut di Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru, Sabtu, (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Barito Tengah Unit VI dan VIII Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan pelatihan budidaya lebah madu kelulut (Trigona) yang diikuti warga Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru dan Desa Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan.

 "Pelatihan lebah madu kelulut ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Kepala KPHP Barito Tengah Unit VI dan VIII Kabupaten Barito Utara, Bahrudinsyah di Muara Teweh, Kalimantan Tengah, Senin.

Menurut Bahrudinsyah, pelatihan yang dilaksanakan di aula Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru ini bekerja sama dengan salah satu perusahaan tambang batu bara di wilayah desa setempat. Kegiatan ini merupakan bagian dari program tanggung jawab perusahaan (CRS).

Pelatihan tersebut diikuti kelompok pembudidaya Desa Hajak Dalam dan Hajak Luar Kecamatan Teweh Baru serta dan Desa Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan.

"Adanya pelatihan membudidayakan lebah madu kelulut ini dapat memberikan kinerja yang baik dan usaha yang efektif bagi masyarakat, serta dapat menjadikan percontohan untuk masyarakat yang ada di desa lain," katanya.

Bahrudinsyah menjelaskan, program pelatihan tersebut pertama kali dilaksanakan dan cocok untuk menggali potensi alam melalui pembudidayaan lebah madu kelulut.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini masih terbatas, hanya diikuti dua desa di dua kecamatan yaitu Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru dan Desa Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan.

"Diharapkan nantinya apabila potensi lebah madu ini berhasil dibudidayakan, akan kami perluas lagi jaringan budidaya lebah madu ini," jelas dia.

Dia mengatakan selain mudah dibudidaya, hasil dari lebah madu kelulut ini juga sangat menguntungkan, dengan panen yang tidak begitu lama, hanya dalam satu bulan.

"Madu kelulut juga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Membudidayakanya pun tegolong aman dan tidak sulit meski dekat dengan permukiman, asalkan tersedia sumber makanan bagi madu kelulut," ujarnya.

Salah satu sumber makanan dari lebah madu kelulut adalah tanaman air mata pengantin. Tanaman dengan nama latin Antigonon Leptopus ini menjadi kesukaan kelulut untuk mendapatkan madu bunganya. Tanaman ini menjadi syarat penting jika ingin beternak kelulut.