5 manfaat dari sayur kale

id kale,sayur,manfaat,kadar gula

5 manfaat dari sayur kale

Ilustrasi (flickr)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Beberapa tahun belakangan, sayuran kale begitu populer untuk sebagai sayuran super sehat. Hal ini tidaklah salah, sebab kale memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Secangkir jus kale memiliki sekira 33 kalori, vitamin A, C dan K, 2,5 serat, magnesium, folat, asam lemak omega-3 atau asam alfa linolenat, mineral seperti zinc, kalium, fosfor dan kalsium serta antioksidan.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, kale mempunyai banyak sekali manfaat, terlebih untuk mencegah beberapa penyakit. Berikut ini, kita akan membahas beberapa khasiat dari kale.

1. Memerangi penyakit jantung
Kalium, serat dan vitamin B6 dan C yang hadir pada kale akan membantu memerangi penyakit jantung. Jika Anda ingin mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, Anda harus mengomsumsi lebih banyak makanan yang kaya kandungan potasium dan sodium. Potasium akan memperlebar pembuluh darah  dan mengurangi resiko serangan jantung.

2. Mengurangi resiko kanker
Kalau Anda hobi makan steak, tubuh akan cenderung menyerap amina heterosiklik (pemicu kanker) yang diproduksi saat memanggang steak. Makan kale dan sayuran berdaun hijau lainnya, dapat membantu mencegah kemungkinan tubuh kita menyerap karsinogen ini.

3. Mengontrol kadar gula
Kandungan serat dan antioksidan membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Ini juga membantu dalam meningkatkan kadar insulin dan lipid pada orang dengan diabetes tipe-2.

4. Meningkatkan kesehatan tulang
Kale mengandung vitamin K yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Orang yang memiliki tulang lemah dan rapuh, bisa mengonsumsi lebih banyak kale. Sebab vitamin K meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap lebih banyak kalsium dari makanan yang kita makan.

5. Baik untuk pencernaan
Sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak serat serta air dan bagus untuk pencernaan. Jika Anda menderita sembelit, maka kale akan mengatasinya, demikian dilansir Boldsky.