Kotim optimistis juara umum Porprov Kalteng

id KOTAWARINGIN TIMUR OPTIMISTIS JUARA UMUM PORPROV KALTENG,Kotim,Sampit

Kotim optimistis juara umum Porprov Kalteng

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri dan Ketua KONI Kotim Halikinnor memberangkatkan kontingen yang akan berlaga di Porprov Kalteng, Selasa (16/10/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kontingen Kabupaten Kotawaringin Timur berangkat menuju ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Tengah dengan target menjadi juara umum.

"Pada Porprov tahun 2014 lalu Kotawaringin Timur menduduki peringkat empat, tahun ini targetnya menjadi juara umum. Dengan kerja keras semua pihak, saya yakin target itu bisa dicapai," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri saat memimpin pemberangkatan kontingen di Sampit, Selasa.

Porprov akan digelar di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara pada 19 hingga 27 Oktober 2018 diikuti ribuan peserta dari 13  kabupaten dan satu kota. Ajang bergengsi empat tahunan itu disambut antusias pecinta olahraga di Kalimantan Tengah.

Kontingen Kotawaringin Timur mengikuti 26 cabang olahraga dari 26 cabang yang dipertandingkan. Total anggota kontingen sebanyak 727 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan pendamping.

Rombongan diberangkatkan menggunakan angkutan darat dengan menempuh perjalanan sekitar 12 jam. Perjalanan yang melelahkan diharapkan tidak sampai mengganggu kondisi kesehatan dan stamina atlet.

Taufiq meminta seluruh atlet untuk selalu disiplin agar bisa menampilkan yang terbaik sehingga mampu mempersembahkan medali untuk daerah. Atlet harus melaksanakan arahan pelatih, termasuk dalam hal waktu istitahat yang harus benar-benar dimanfaatkan untuk beristirahat dengan baik agar stamina tetap terjaga sehingga mampu mempersembahkan prestasi tertinggi untuk daerah ini.

"Jangan mudah menyerah. Kalau dicurangi, jangan pernah patah semangat. Yang terpenting adalah menjaga kesehatan karena ini yang terpenting bagi atlet. Bagi yang berhasil meraih medali emas, nanti akan ada bonus membahagiakan," ujar Taufiq disambut riuh tepuk tangan kontingen.

Taufiq juga mengingatkan agar pendamping memperhatikan keperluan atlet sehingga tidak sampai ada kendala. Dirinya tidak ingin mendengar ada yang tidak bertanggung jawab terhadap para atlet.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, Najmi Fuadi mengatakan, persiapan sudah dilakukan secara matang. Dia yakin seluruh atlet bisa menampilkan yang terbaik sehingga bisa mencapai target menjadi juara umum.

"Tampilkan kemampuan terbaik. Yakin saja dengan kemampuan diri sendiri. Peningkatan latihan yang dilakukan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan atlet untuk mengalahkan lawan," ujar Najmi.
Selama kegiatan, kontingen Kotawaringin Timur ditampung di sejumlah rumah penduduk. Selain memasang target juara umum, Kotawaringin Timur juga berjuang agar terpilih menjadi tuan rumah pelaksana Porprov Kalimantan Tengah tahun 2022 nanti.