Gubernur Kalteng janji tambah mesin panen jagung

id jagung barito utara,gubernur sugianto,bupati nadalsyah,tanaman jagung

Gurbenur Kalteg Sugianto Sabran didampingi Bupati Nadalsyah mengunjungi tanaman jagung di Desa Mampuak I dan Mampuak II Kecamatan Teweh Timur, Sabtu. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)-Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menjanjikan mengalokasikan penambahan mesin panen jagung untuk petani di Desa Mampauk I dan Mampuak II Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara.
    
"Melihat antusias dan kesungguhan petani di dua desa ini maka saya memerintahkan kepada Kepala Dinas Pertanian Kalteng untuk menganggarkan penambahan mesin panen jagung untuk petani di Desa Mampuak I dan Mampuak II," kata Gubernur Sugianto saat melakukan kunjungan ke lahan pertanian di Desa Mampuak I dan Desa Mampuak II, Sabtu.

Kunjungan Gebernur Sugianto itu bersama Anggota DPR-RI  Dapil Kalteng  Rahmat Nasution Hamka didampingi Pj Sekda Provinsi Fahrizal Fitri, Bupati Barito Utara  Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra serta pejabat lainnya.

Gubernur  memberikan apresiasi kepada petani padi dan petani jagung yang berada di Kabupaten Barito Utara, hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya tinjauan langsung oleh gubernur beserta rombongan ke Desa Mampuak I dan Desa Mampuak II Kecamatan Teweh Timur. 

Kunjungan itu dengan melalui perjalanan darat melintasi jalan negara dan melanjutkan perjalanan dari simpang Kilometer 30 Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru menuju Desa Mampuak menempuh waktu kurang lebih dua jam perjalanan.

Sesampainya dilokasi Gubernur beserta Bupati dan rombongan melakukan panen jagung menggunakan mobil panen modern. Gubernur sangat respons langkah langkah yang dilakukan Bupati Nadalsyah untuk memotivasi petani lebih aktif dan kreatif lagi mengolah dan memanfaatkan lahan. 

Sugianto  juga menyempatkan diri melihat kelompok peternakan masyarakat yang dikelola secara swadaya, Gubernur sangat tertarik dengan bio gas yang dihasilkan dari kotoran ternak 

"Saya akan menyumbang dana pribadi untuk penambahan sarana dan prasarana yang sudah diterapkan masyarakat namun diharapkan kesungguh semua pihak untuk mengembangkannya," katanya.

Pada saat itu Gubernur  menyatakan  amanah yang diberikan masyarakat untuk memimpin Kalimantan Tengah akan di laksanakan dengan sebaik baiknya.

"Dalam masa jabatan tersisa ini saya akan berusaha melayani masyarakat. Petani adalah pekerjaan yang mulia maka dari itu kami harapkan petani tetap semangat dalam mengolah lahannya terapkan semangat gotong royong bahu membahu bekerjasana dengan kelompok tani dan masyarakat," kata dia.

Kepada pelajar Gubernur berpesan tetap berprestasi dan menghindari perbuatan negatif, pergaulan bebas dan hindari narkoba serta selalu berterima kasih kepada orang tua karena keberhasilan kita semua berkat orang tua 'Ridho Allah terletak pada ridho orang tua'.

Rombongan berkesempatan melaksanakan tananam padi organik pada lahan tanpa membakar.

Bupati Barito Utara pada acara temu wicara mengatakan ucapan terima kasih kepada Pemerintahan Provinsi dan juga kepada Anggota DPR-RI dapil Kalteng yang telah membantu dan menganggarkan alat pertanian serta peningkatan infrastruktur di Kabupaten Barito Utara. 

Nadalsyah menyampaikan pesan kepada petani untuk benar benar serius dan memanfaatkan bantuan yang sudah dan akan deberikan karena  selain melaksnakan amanah juga untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

"Pemerintahan Kabupaten  melalui Dinas Pertanian akan selalu memprioritaskan  peningkatan anggaran pertanian di Kabupaten Barito Utara," ujarnya.
 

Pewarta :
Editor: Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar