Dinas Perpustakaan Barut gandeng Kelurahan Lanjas

id perpustakan mini barito utara,kelurahan lanjas ,pojok baca

Dinas Perpustakaan Barut gandeng Kelurahan Lanjas

Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Barito Utara gandeng kelurahan lanjas dalam mendirikan pojok baca di kantor Kelurahan Lanjas Muara Teweh. (Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Barito Utara, menggandeng Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah dalam mendirikan pojok baca di kantor kelurahan tersebut.

Kerjasama kedua pihak disepakati dengan penandatanganan MoU antara Dissiptaka dan Kelurahan Lanjas yang ditujukan untuk mendukung peningkatan minat baca masyarakat di Kelurahan Lanjas, Muara Teweh, Selasa.

Hal itu dalam rangka menindak lanjuti salah satu visi dan misi Bupati Barito Utara yaitu pembangunan dibidang sumber daya manusia (SDM) dan dengan ditetapkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Barito Utara Nomor 188.45/330/2018 tahun 2018 tentang Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

Ruang lingkup perjanjian ini meliputi pelayanan peminjaman buku-buku perpustakaan mini/pojok baca kepada masyarakat, organisasi kemasyarakatan termasuk ASN/PNS, tenaga honorer dan tenaga kontrak yang ada di Kelurahan Lanjas.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara (Barut) Eddy Nugroho, melalui Kepala Bidang Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, Hj Noor Isnaniah mengatakan kedepan pihaknya dalam pengembangan perpustakaan maupun fasilitas tempat baca lainnya akan bekerjasama dengan dinas instansi yang ada di daerah ini.

"Kedapannya kita akan melakukan pengembangan perpustakaan maupun fasilitas tempat baca seperti perpustakaan mini atau pojok baca dan sebagainya. Dinas Siptaka akan bekerjasama dengan instansi pelayanan seperti RSUD, Bank, dan lain-lain. Selama ini telah dilakukan kerja sama dengan SMPN 10 dan Kelurahan Lanjas,” katanya.

Sementara Lurah Lanjas, Tri Winarsih,  mengatakan kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan dalam pelayanan kepada masyarakat mencakup segala bidang, oleh karena itu kantor Kelurahan Lanjas tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat untuk memperoleh pelayanan dasar pemerintahan.

"Dengan adanya perpustakaan mini atau pojok baca maka masyarakat yang sedang berurusan dapat memanfaatkan buku–buku yang tersedia di pojok baca sembari menunggu proses pelayanan selesai, karna buku yang disediakan beraneka ragam mulai dari anak-anak, dewasa, hingga buku khusus ibu rumah tangga,” kata Lurah Lanjas yang akrab disapa Neneng ini.