Pemuda diajak jaga nasionalisme melalui pendekatan budaya

id Pemuda diajak jaga nasionalisme melalui pendekatan budaya, Irwasda Kombes Pol Benone Jesaja Louhenaphessy

Pemuda diajak jaga nasionalisme melalui pendekatan budaya

Irwasda Polda Kalteng, Kombes Pol Benone Louhenaphessy saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di Palangka Raya, Sabtu (10/11/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemuda di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diajak menjaga semangat nasionalisme dengan berbagai cara salah satunya melalui pendekatan budaya.

"Mudah-mudahan momen hari pahlawan ini bisa meregenerasi semangat nasionalisme para pemuda Kalteng. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meneladani semangat pahlawan, salah satunya dengan mengisi kemerdekaan melalui pendekatan budaya," kata Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko melalui Irwasda Kombes Pol Benone Jesaja Louhenaphessy di Palangka Raya, Sabtu.

Artinya para generasi muda tetap menjaga serta melestarikan budaya daerah agar tak luntur di tengah perkembangan dan kemajuan zaman.

"Banyak hal yang bisa dilakukan generasi muda. Mereka harus terus berkreasi agar tidak terdiam di satu titik. Terus berkarya dan berkreasi serta selalu memunculkan kearifan lokal," jelasnya.

Di sisi lain, ia kembali mengajak seluruh masyarakat untuk meneruskan cita-cita dan semangat para pahlawan bangsa.

"Kemerdekaan negara dibangun dengan pengorbanan dan semangat yang luar biasa.Kita jangan kehilangan api semangat itu. Jangan melupakan semangat, cita-cita dan perjuangan pahlawan," lanjutnya.

Pernyataan itu diungkapkan Benone usai pelaksanaan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di Kota Palangka Raya bersama jajaran TNI, Polri, veteran serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Dia menambahkan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 juga harus menjadi momen bagi semua generasi untuk bersatu padu melawan berbagai hal yang menjadi tantangan dan hambatan dalam kemajuan depan bangsa.