DPMDES Kotim ikut mensosialisasikan para calon kades

id kabupaten kotim,kotawaringin timur,DPMDes Kotim,Kepala DPMDes Kotim,Hawianan

DPMDES Kotim ikut mensosialisasikan para calon kades

Kepala DPMBDes Kabupaten Kotim Hawianan. (Ist)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ikut mensosialisasikan para calon kepala desa yang akan bersaing di pemilihan serentak tanggal 15 Desember 2018.

Sosialisasi itu diharapkan agar para calon kades lebih dikenal masyarakat dan dalam memilih pun bisa objektif dan sesuai kebutuhan desa tersebut, Kepala DPMBDes Kabupaten Kotim Hawianan di Sampit, Jumat.

"Calon Kades yang disosialisasikan itu sudah ditetapkan sebagai peserta Pilkades. Sedangkan bagi desa yang calonnya lebih dari lima orang, saat ini masih dalam tahap proses seleksi dan belum ada penetapan. Seperti di Desa Kandan, Kecamatan, Kota Besi ada 16 orang calon kades," beber dia.

Pilkades serentaknya rencananya akan digelar di 48 desa tersebar di 16 kecamatan se Kabupaten Kotim. Masyarakat pun diharapkan dapat menyukseskan dan berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkades serentak nanti.

"Sukses atau tidaknya Pilkades serentak nanti tergantung masyarakat. Jadi, kami harapkan keterlibatan masyarakat dalam pilkades yang dilaksanakan 15 Desember 2018," kata Hawianan. 

Sementara itu, calon kepala desa Bapinang Hilir Laut atau Kelampan, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Arifin di Sampit, Jumat mengaku dirinya mencalon sebagai kepala desa karena ingin mengabdi dan membangun desa.

"Cukup banyak potensi desa yang sampai saat ini belum tergarap maksimal, dan potensi itulah yang ingin saya manfaatkan jika saya terpilih nanti," ucapnya.

Arifin mengatakan, dirinya akan bersaing dengan tiga calonnya lainnya di desa itu, dengan jumlah pemilih sebanyak 828 orang.

"Desa Bapinang Hilir Laut merupakan salah satu desa penerima dana desa (DD) dengan total anggaran sebesar Rp1,2 miliar. Diharapkan dengan adanya DD tersebut pembangunan desa bisa lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," demikian Arifin.