Pemkab Sukamara prioritaskan peningkatan ketahanan pangan

id Pemkab Sukamara prioritaskan peningkatan ketahanan pangan,Dewan ketahanan pangan,Kebutuhan,Beras

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah H Sutrisno, Kepala Bidang Distribusi Pangan Rihanae dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sukamara Irlan Khodriansyah saat memimpin Rapat Dewan Ketahanan Pangan, Rabu (5/12/2018). (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah, bertekad memprioritaskan peningkatan ketahanan pangan karena sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah itu.

“ Pangan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia yang juga berarti menentukan kualitas suatu bangsa. oleh sebab itu, kita sepakati bahwa masalah pangan merupakan hal yang prioritas untuk kita tangani,” kata Bupati Sukamara H Windu Subagio melalui Asisten II Sekretariat Daerah Sukamara Julkipli usai membuka rapat Dewan Ketahanan Pangan di Sukamara, Rabu.

Julkifli mengatakan, pangan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia. Tuntutan pemenuhan pangan merupakan hak asasi setiap individu yang harus dipenuhi dengan baik.

Kompleksnya aspek yang terkait dengan ketahanan pangan menghendaki keterlibatan dan tanggung jawab banyak pihak. Untuk itulah dibentuk Dewan Ketahanan Pangan pada berbagai tingkatan pemerintahan dengan melibatkan berbagai stakeholders baik pemerintah, swasta dan masyarakat.  

Pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan bagi keseluruhan pilar.

Dinamika dan kompleksitas dalam mewujudkan ketahanan pangan menimbulkan berbagai permasalahan dan tantangan serta potensi dan peluang yang terus berkembang. Hal itu perlu diantisipasi melalui kerjasama yang harmonis antarsemua pihak terkait

“Kami sadari bahwa tantangan  pembangunan di bidang pertanian  ke depan semakin berat. Berbagai  keberhasilan pembangunan  pertanian yang sudah dicapai dan kegagalan yang dialami akan  dijadikan landasan perbaikan  pelaksanaan tugas-tugas ke depan,” ucap Julkipli

Koordinasi dan sinergi dengan  berbagai pemangku kepentingan  dalam melaksanakan tugas pembangunan pertanian perlu lebih ditingkatkan. Keterbatasan anggaran pembangunan serta tingginya target capaian kinerja harus disikapi dengan semangat, kerjasama dan keterpaduan antar lintas sektor serta para pelaku utama pembangunan pertanian.

“Saya mengharapkan rapat Dewan Ketahanan Pangan ini nantinya akan terbentuk sinergitas kebijakan, program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing SOPD serta dukungan dari pelaku usaha dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan kebijakan dan program ketahanan pangan di kabupaten sukamara,” demikian Windu Subagio.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar