Bagaimana cara mengatasi mata rabun senja?

id rabun senja,mata,obat,kaca mata hitam

Bagaimana cara mengatasi mata rabun senja?

Ilustrasi (healthyherbal.tk)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Pengobatan untuk mereka yang mengalami kebutaan malam atau rabun senja bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Pengobatan bisa dengan memakai jenis kacamata khusus atau lensa kontak yang dapat membantu untuk mendukung penglihatan yang benar, seperti dilansir laman Medical News Today, dikutip Senin.

Mengenakan kacamata hitam juga dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan mata lebih lanjut.

Ketika penyebabnya adalah kekurangan vitamin A, pengobatan terbaik adalah melibatkan penambahan lebih banyak Vitamin A ke dalam diet. Sumber vitamin A yang bagus meliputi: telur, sereal yang diperkaya, susu yang diperkaya, sayuran dan buah-buahan oranye dan kuning, minyak ikan cod dan sayuran hijau gelap berdaun.

Baca juga: Ciri-ciri seseorang alami buta malam hari

Operasi mata mungkin diperlukan dalam kasus yang lebih parah. Sebagai contoh, jenis operasi yang mengubah bentuk kornea untuk meningkatkan penglihatan. Jenis operasi lain mungkin bertujuan untuk menghilangkan katarak dari mata atau untuk melepaskan tekanan di mata untuk pengobatan glaukoma.

Dalam beberapa kasus, kebutaan malam mungkin tidak dapat diobati, misalnya karena retinitis pigmentosa. Ahli kesehatan belum menemukan perawatan yang efektif, meskipun perangkat mata tertentu dan layanan terapi dapat memperbaiki gejala dan kualitas hidup pasien.

Akan sangat membantu jika Anda mengambil tindakan pencegahan untuk menurunkan beberapa risiko yang disebabkan oleh kebutaan malam hari, seperti tidak mengemudi di malam hari atau sebisa mungkin tak banyak bergerak di dalam kegelapan.

Baca juga: Tips memilih kacamata hitam untuk lindungi mata

Baca juga: Kenali tanda penyakit mata pada anak