Redakan flu dengan sup ayam

id sup ayam,flu,obat,kuah kaldu

Redakan flu dengan sup ayam

Ilustrasi bersin (foto: royalty-free/corbis)

Jakarta (Antaranews Kalteng) – Studi menunjukkan bahwa semangkuk sup mi ayam dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat dan mengurangi gejala pilek, sebagaimana dilansir medical xpress, Kamis.

"Ini semua karena bahan-bahannya,” ujar Sandy Allonen, ahli diet klinis di Beth Israel Deaconess Medical Center.

Menurutnya, ketika Anda terserang flu, penting pula agar tubuh tetap terhidrasi.

“Kaldu bening itu hangat dan menenangkan, menjadikannya sumber hidrasi saat Anda sakit, terutama jika Anda terkena sakit tenggorokan,” imbuh Allonen.

Ia mengatakan,“Anda mungkin berpikir menambahkan garam dan bumbu lain tidak baik untuk Anda, tetapi bumbu dalam jumlah sedang dapat membantu melawan selera makan yang hilang. Kehilangan rasa adalah hal biasa saat pilek, tetapi menambahkan rasa, garam itu bagus untuk membuat Anda makan lebih banyak.”

Ayam dalam sup memberikan sejumlah manfaat. Kaya akan protein yang membantu sistem kekebalan tubuh, dan juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin B, yang meningkatkan kekebalan dan membantu pencernaan.

"Ayam juga kaya akan triptofan, yang membantu tubuh Anda memproduksi serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan memberi Anda perasaan 'nyaman' yang membantu menjadikan sup mi ayam sebagai makanan penghibur sejati," kata Allonen.

Selain itu, Allonen berkata, “Karbohidrat adalah sumber energi yang lebih disukai untuk tubuh Anda, jadi mendapatkan dosis yang baik melalui sup dapat membantu Anda merasa semakin tidak lesu.”

Sayuran seperti wortel, seledri, dan bawang merah memiliki vitamin C dan K, serta antioksidan dan mineral lainnya. 

"Ini tidak hanya membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk melawan virus, tetapi juga membantu tubuh Anda pulih dari penyakit lebih cepat," kata Allonen.

Ia juga menyebutkan,"Uap dapat membuka saluran udara, membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Ini juga memiliki efek anti-inflamasi ringan yang dapat membantu mengendurkan otot-otot Anda dan menenangkan ketidaknyamanan gejala dingin." 


Baca juga: Seberapa penting libur kerja saat alami pilek?
Baca juga: Kapan tubuh kita membutuhkan antibiotik?