Malam pergantian tahun di Barito Timur berjalan aman

id Malam pergantian tahun di Barito Timur berjalan aman,Polres,Tamiang Layang,Kapolres,Zulham

Malam pergantian tahun di Barito Timur berjalan aman

Kapolres AKBP Zulham Effendy memberikan penghargaan kepada dua orang Satpam yang berhasil membantu tugas kepolisian dengan mengamankan pelaku penganiayaan berat hingga korban meninggal dunia, Senin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 156 personel Kepolisian Resor Barito Timur, Kalimantan Tengah, disebar mengamankan malam pergantian tahun 2018 ke 2019 untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy mengatakan, personel dibagi dua kelompok, yakni 79 di wilayah Kecamatan Dusun Timur dan sekitarnya, sedangkan di wilayah Kecamatan Dusun Tengah dan sekitanya sebanyak 78 personil.

"Kami ingin malam pergantian tahun terjaga dengan kondusif, aman dan damai," ungkap Zulham usai memimpin upacara kenaikan pangkat di Tamiang Layang, Senin.

Menurut Zulham, pengamanan yang dilksanakan merupakan salah satu upaya kepolisian dalam menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan tahun baru. Ini sekaligus untuk menjaga kondusivitas daerah menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April nanti.

Zulham mengingatkan seluruh personelnya, termasuk 16 orang yang baru menerima kenaikan pangkat, untuk meningkatkan kompetensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, baik sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegak hukum.

Zulham berjanji akan memberikan reward atau penghargaan kepada anggota yang berprestasi dalam bekerja. Terutama, mereka yang melampaui tugas dan beban kerja yang diberikan.

"Kalau anggota Polantas menangkap pelaku tabrak lari, itu biasa. Tapi kalau anggota Polantas yang menangkap pencuri atau perampok, kami akan berikan reward," katanya.

Bertepatan dengan hari Satuan Pengaman (Satpam) ke-38, Zulham juga berharap para Satpam bisa membantu kinerja polisi dalam memberantas pelaku kejahatan sesuai dengan wilayah kerja pengamanan masing-masing.

"Jika melihat pelaku tidak pidana kejahatan, segera laporkan. Kerja sama yang diberikan akan diberi penghargaan secara langsung oleh saya sendiri," ucap Zulham.

Sebelum melaksanakan pengamanan malam pergantian tahun di Kabupaten Barito Timur, Kapolres AKBP Zulham Effendy memimpin upacara HUT ke-38 Satpam dan upacara kenaikan pangkat di halaman Mapolres Barito Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 1012 Buntok Letkol Tuwadi, perwakilan Dishub, perwakilan kepala rumah tahanan, perwakilan perusahaan dan Satpam dari berbagai perusahaan yang beraktivitas di wilayah Barito Timur.

Sementara itu, perayaan malam tahun baru 2019 di daerah ini berjalan aman dan lancar. Keberadaan polisi dan aparat keamanan lainnya mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.