Pemkab Kotim pastikan tidak menggelar pesta malam pergantian tahun

id PemkabKotim pastikan tidak menggelar pesta malampergantian tahun, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Halikinnor

Pemkab Kotim pastikan tidak menggelar pesta malam pergantian tahun

Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor saat menyalami sejumlah pejabat daerah usai pelantikan di Gedung Serbaguna Sampit, Jumat (29/12/2023). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor memastikan pemerintah daerah setempat tidak akan menggelar acara khusus untuk menyambut pergantian tahun dari 2023 ke 2024.

“Untuk pergantian tahun ini, pemerintah daerah tidak ada agenda apapun. Silakan saja pihak swasta dan lainnya jika ingin menggelar acara,” kata Halikinnor di Sampit, Jumat. 

Diketahui, Pemkab Kotim sering menggandeng pihak ketiga untuk menggelar acara pada malam pergantian tahun, baik itu acara musik hingga pesta kembang api. Namun, tak demikian pada pergantian tahun ini. 

Halikinnor menjelaskan, Pemkab Kotim memberikan kesempatan bagi pihak swasta maupun organisasi masyarakat dan kepemudaan yang ingin menggelar acara perayaan pergantian tahun. 

Dengan begitu, tidak akan terjadi penumpukan masyarakat pada satu lokasi yang tentu dapat membawa dampak buruk, seperti kemacetan lalu lintas dan kepadatan pengunjung. 

“Silakan saja kalau mau membuat acara di mal, hotel, Ikon Jelawat, atau Terowongan Nur Mentaya, supaya masyarakat menyebar. Kalau menumpuk di satu tempat kan bisa macet segala macam,” ujarnya. 

Baca juga: Perlu acara rutin untuk tarik pengunjung PPM Sampit

Disamping itu, menurutnya dengan cara seperti ini setiap pengusaha bisa mengembangkan usahanya masing-masing tanpa harus bersaing dengan agenda yang digelar pemerintah daerah. 

Pada malam pergantian tahun biasanya arus lalu lintas di Kota Sampit akan meningkat hingga beberapa kali lipat. Hal ini juga membuat kerawanan kecelakaan lalu lintas meningkat. 

Oleh sebab itu, Halikinnor mengingatkan agar masyarakat, khususnya pengendara lebih berhati-hati, demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. 

“Jalan mulus pun tidak menjamin tidak akan terjadi kecelakaan, makanya itu harus lebih berhati-hati ketika berkendara, apalagi kalau lalu lintas sedang ramai. Ingat keselamatan yang utama,” demikian Halikinnor. 

Sementara itu, dari pantauan di lapangan sejumlah acara disiapkan untuk menyambut pergantian tahun, bahkan ada yang sudah berjalan. Seperti, Sampit End Year Fair 2023 yang digelar UMKM Harati, lalu bazar UMKM yang digelar di halaman Citimall Sampit. 

Diperkirakan, malam pergantian tahun di Kota Sampit akan tetap meriah meski tidak ada acara khusus yang digelar pemerintah daerah. 

Baca juga: Bupati Kotim rombak susunan pejabat di pengujung tahun

Baca juga: Penanganan perkara di PN Sampit capai 91,19 persen

Baca juga: Bupati apresiasi kiprah perempuan Kotim bagi keluarga dan bangsa