DLH Kobar siapkan sembilan truk mengantisipasi sampah perayaan pergantian tahun

id DLH Kobar siapkan sembilantruk mengantisipasi sampahperayaan pergantian tahun, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, tahun baru

DLH Kobar siapkan sembilan truk mengantisipasi sampah perayaan pergantian tahun

Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas lingkungan Hidup (P2KLH) Nurliani, Kamis, ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi penumpukan sampah saat perayaan pergantian tahun 2023 ke 2024.

"Dalam antisipasi ini kita melakukan upaya yaitu mempersiapkan sembilan unit truk pengangkut sampah," kata Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas lingkungan Hidup (P2KLH) Nurliani di Pangkalan Bun, Jumat.

Nurliani mengatakan, sembilan unit truk tersebut nantinya akan dioperasionalkan pada hari pergantian tahun ini.

"Semua unit kita arahkan semua, yang pasti di jalur-jalur protokol sampah akan kita angkut, termasuk jalur rutin kita yang ada di Kumai," ucapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan beberapa upaya, yaitu akan melakukan penambahan jam kerja personel atau petugas kebersihan.

Baca juga: Dishub Kobar tingkatkan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai

"Jadi tanggal 1 Januari 2024 kita upayakan mulai jam 4 subuh petugas sudah ada di beberapa titik protokol untuk membersihkan sampah dari puncak malam tahun baru tersebut," katanya.

Dijelaskannya, dengan ditambahnya jam kerja tersebut, pukul 08.00 WIB di seluruh jalan protokol di Pangkalan Bun diharapkan bersih dari penumpukan sampah.

Nurliani mengungkapkan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan potensi lonjakan sampah hingga malam puncak perayaan Tahun Baru 2024 di beberapa titik jalan protokol. 

"Nanti akan kami pantau, kami lihat jika volume sampah sangat banyak dan meningkat kemungkinan akan ada penambahan unit dan jam kerja juga," demikian Nurliani.

Baca juga: Dishub Kobar pasang spanduk imbauan cegah kecelakaan

Baca juga: Pastikan alat beroperasi akurat, Disperindagkop Kobar cek alat UTTP SPBU

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Kobar terlibat aktif ciptakan suasana kondusif jelang Nataru