Dishub Kobar tingkatkan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai

id pemkab kotawaringin barat, dishub kobar, sosialisasi keselamatan, angkutan sungai, laut dan danau, penyeberangan, sungai arut, kobar, kotawaringin bar

Dishub Kobar tingkatkan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai

Foto Arsip - Personel Dishub Kobar melaksanakan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai di kabupaten setempat, Selasa. (ANTARA/HO-Dishub Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melakukan sosialisasi keselamatan kepada penyedia jasa angkutan sungai, danau, dan penyeberangan maupun masyarakat pengguna jasa.
 
"Diprediksi pada liburan Natal dan Tahun Baru 2024 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat karena di saat yang bersamaan juga libur sekolah," kata Kepala Dishub Kobar Amir Hadi di Pangkalan Bun, Rabu.
 
Maka dengan meningkatkan aktivitas masyarakat di momen liburan, perlu dilakukan kembali sosialisasi keselamatan salah satunya pada angkutan sungai, danau dan penyeberangan untuk wisata maupun aktivitas penyeberangan.
 
Amir mengatakan, selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga menerbitkan Surat Edaran tentang Keselamatan Pelayaran Angkutan Kapal Wisata dan Sungai Danau di Wilayah Kobar Periode Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Dishub Kobar pasang spanduk imbauan cegah kecelakaan
 
Dia menyampaikan, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kecelakaan dan hal lain yang tidak diinginkan serta mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian.
 
Dia menyampaikan, Surat Edaran Kepala Dishub Kobar nomor : 500.11.1/1633/DISHUB.BP tentang Keselamatan Pelayaran Angkutan Kapal Wisata dan Sungai Danau periode Natal dan Tahun Baru.
 
"Surat edaran tersebut berisikan yaitu mengimbau serta senantiasa mengajak masyarakat dan pelaku usaha angkutan SDP untuk mengutamakan serta memperhatikan aspek keselamatan, kenyamanan, dan keamanan dalam berlayar," terangnya.
 
Amir menyebutkan, kegiatan sosialisasi tersebut telah dilakukan oleh personelnya di daerah Aliran Sungai (DAS) Arut dan di DAS Kumai.

Baca juga: Pastikan alat beroperasi akurat, Disperindagkop Kobar cek alat UTTP SPBU

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Kobar terlibat aktif ciptakan suasana kondusif jelang Nataru