Pemerintah perlu meningkatkan fasilitas Samsat, kata Legislator Kalteng

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,samsat kalteng,fasilitas samsat,anggota dprd kalteng,jubair arifin

Anggota Komisi A DPRD Kalteng, Jubair Arifin (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (antaranews Kalteng) - Legilastor Kalimantan Tengah Jubair Arifin menyebut, pemerintah provinsi perlu meningkatkan fasilitas samsat sebagai upaya memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Apabila fasilitas samsat semakin baik, maka masyarakat merasa mudah dan nyaman ketika akan membayar pajak kendaraan bermotornya, kata Jubair di Palangka Raya, Selasa.

"Gubernur Kalteng kan ingin pendapatan asli daerah (PAD) terus meningkat, ya salah satu upaya merealisasikannya melalui Samsat. Jadi, perlu ditingkatkan fasilitas di Samsat agar masyarakat merasa nyaman," tambahnya.

Anggota Komisi A DPRD kalteng itu mengaku, dalam beberapa kali reses maupun kunjungan kerja selain melaksanakan pertemuan dengan jajaran pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan dan masyarakat, pihaknya juga mengunjungi kantor UPTD Samsat, yang ada di kabupaten.

Dia mengatakan kantor UPTD Samsat yang ada di kabupaten sampai sekarang ini fasilitasnya kurang terlalu menunjang dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Padahal kantor tersebut merupakan ujung tombak Pemprov dalam menghimpun pajak dari masyarakat.

"Dari pajak kendaraan bermotor itu kan cukup banyak menyumbang PAD. Jadi, sudah selayaknya fasilitas Samsat yang menjadi tempat untuk membayar pajak kendaraan bermotor itu lebih ditingkatkan," kata Jubair.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini mengatakan, pihaknya juga menyambut baik keinginan Pemprov Kalteng, dibentuknya Badan Pendapatan Daerah, yang akan berdiri sendiri, sehingga lebih fokus perhatian terhadap UPT-UPT yang ada di Kabupaten/Kota.

Pihaknya dari DPRD Kalteng khawatir jika seluruh kantor UPTD Samsat se Kalteng ini tidak diperhatikan, akan mempengaruhi kinerja, terlebih mereka terus diberi beban untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kalteng.

"Kami berharap agar fasilitas-fasilitas yang ada di Samsat itu diperhatikan dengan serius. Artinya perlu dimonitor oleh dinas yang terkait sehingga masyarakat yang membayar pajak di Samsat itu merasa enak dan nyaman," demikian Jubair.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar