Penderita diabetes bersyukur JKN fasilitasi akses layanan kesehatan

id Jaminan Kesehatan Nasional, JKN, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kalteng, bpjs kesehatan, bpjs

Penderita diabetes bersyukur JKN fasilitasi akses layanan kesehatan

Peserta JKN bernama Yohanis menunjukkan kartu BPJS Kesehatan di Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menderita sakit diabetes asal Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yohanis mengaku bersyukur program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan memfasilitasi layanan kesehatan dan proses pengobatannya.

"Saya bersyukur berkat kepesertaan Program JKN bisa mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal di rumah sakit," kata Yohanis di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, layanan kesehatan yang dijamin BPJS Kesehatan membuat kesehariannya tetap bisa bekerja secara produktif. Apalagi program BPJS Kesehatan didapat dari perusahaan. Untuk itu, program ini sangat untuk mendapatkan pengobatan rutin khususnya di rumah sakit. Bahkan untuk obat-obatannya juga dapat dari rumah sakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Karyawan swasta itu pun berpesan kepada masyarakat, agar selalu menjaga pola hidupnya supaya terhindar dari penyakit-penyakit seperti yang ia derita.

"Untuk kita semua yang masih sehat, mulai diperhatikan pola hidup kita, mulai dijaga supaya tidak terkena penyakit seperti diabetes ini," katanya.

Yohanis mengungkapkan di usianya yang menginjak 28 tahun itu, dia sudah harus berjuang melawan penyakit diabetes karena pola hidup yang dijalaninya selama setahun terakhir.

"Keluarga saya tidak ada riwayat diabetes. Namun saat ini saya harus rutin mengkonsumsi obat dan datang ke fasilitas kesehatan untuk mengetahui dan menjaga kesehatan," katanya.

Selain itu, Yohanis juga mengakui jika pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit selama menggunakan fasilitas dari Program JKN cepat dan tidak berbelit.

Baca juga: Tiga kabupaten/kota di Kalteng capai UHC JKN

"Pelayanan administrasinya sangat cepat, petugas yang ada di fasilitas kesehatan juga memberikan pelayanan secara ramah tanpa diskriminasi," katanya.

Menurut dia, mulai dari petugas pendaftaran, dokter, perawat dan petugas yang ada di apotek semuanya ramah. Tidak ada perbedaan layanan kepada setiap pasien yang datang.

"Meskipun saya berobat sebagai peserta BPJS, petugas yang melayani tetap baik dan ramah. Waktu untuk pelayanan administrasinya juga sangat cepat, tidak banyak persyaratan yang diminta, langsung dilayani," kata Yohanis.

Baca juga: Pensiunan PNS Barito Utara ini akui Program JKN banyak manfaat

Baca juga: BPJS Kesehatan rangkul komunitas talasemia perluas edukasi JKN

Baca juga: BPJS Kesehatan berikan layanan JKN selama libur Lebaran