Pastikan pelayanan kesehatan masyarakat terpenuhi, Wabup Lamandau sidak puskesmas

id Sidak,Puskesmas,Layanan kesehatan,Lamandau,Nanga bulik,Wabup,Riko porwanto,Tenaga kesehatan,Disiplin

Pastikan pelayanan kesehatan masyarakat terpenuhi, Wabup Lamandau sidak puskesmas

Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto saat sidak ke Puskesmas Bulik dan Arga Mulya yang ada di Kecamatan Bulik, Selasa, (19/2/19). (Foto Humas Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Lamandau Kalimantan Tengah, Riko Porwanto melakukan inspeksi mendadak ke Puskesmas Bulik dan Arga Mulya, untuk memastikan pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat.

"Sidak kami lakukan untuk mengetahui secara langsung, bagaimana pelayanan kesehatan yang diberikan petugas kepada masyarakat," katanya di Nanga Bulik, Selasa.

Sidak juga dilaksanakan, untuk mengetahui ragam kendala yang dihadapi puskesmas dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Riko menyebut, diperlukan dukungan berupa tenaga kesehatan maupun kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai untuk mewujudkan pelayanan yang prima.

"Sejumlah kendala yang disampaikan kepada kami, meliputi kurangnya tenaga rekam medik, alat laboratorium serta pengobatan gigi. Kami berupaya memenuhinya dalam waktu segera," ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah kabupaten membuka penerimaan pegawai honor sebagai petugas rekam medik, namun hingga saat ini belum ada yang mendaftar.

Sementara itu, pihaknya menilai puskesmas yang berada di Kecamatan Bulik sudah cukup baik. Hanya memerlukan sedikit pembenahan agar pelayanan kesehatan yang diberikan menjadi lebih maksimal.

Tidak hanya masalah pelayanan serta sarana dan prasarana penunjang, petugas pun diminta lebih memerhatikan penampilannya agar terlihat rapi.

"Kalau petugas tampak rapi dan bersih, tentunya akan membuat masyarakat yang datang merasa lebih nyaman," terang Riko.

Dalam sidaknya itu, ia mengapresiasi pelayanan yang ada pada puskesmas. Sebab semua petugas tampak sigap memberikan pelayanan kepada masyarakat dan semuanya dilakukan secara disiplin.