Tak sekedar bumbu dampur, ini khasiat lengkuas untuk kesehatan

id lengkuas,Tak sekedar bumbu dampur, ini khasiat lengkuas untuk kesehatan

Lengkuas (youtube)

Jakarta (ANTARA) - Lengkuas dijuluki sebagai bumbu kehidupan, sebab fungsinya tak hanya untuk menambah cita rasa makanan melainkan juga dapat menyembuhkan sejumlah masalah kesehatan.

Tanaman yang bentuknya menyerupai jahe ini, telah lama digunakan sebagai pengobatan, terlebih pada masyarakat Tionghoa. Lengkuas telah dibuktikan dapat mengobati masalah pencernaan, bau mulut hingga mencegah kanker. Berikut ini adalah beberapa manfaat lengkuas, dilansir Boldsky, Sabtu.

1. Melawan kanker
Salah satu manfaat paling signifikan yang dimiliki oleh lengkuas adalah potensinya sebagai agen melawan kanker. Berbagai penelitian telah dilakukan, dan masih dilakukan untuk mengungkapkan kemampuan lengkuas untuk melawan dan mencegah timbulnya berbagai jenis kanker dan tumor. Lengkuas terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah kanker lambung, leukemia, melanoma, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker payudara, kanker hati, dan kolangiokarsinoma (kanker saluran empedu).

Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, lengkuas ini membantu menurunkan kerusakan yang disebabkan oleh DNA radikal bebas dan unsur-unsur beracun lainnya. Kehadiran flavonoid yang dikenal sebagai galanin memainkan peran sentral dalam mencegah timbulnya kanker karena memodulasi aktivitas enzim dan menghancurkan genotoksisitas.

2. Meningkatkan sirkulasi darah
Lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Dengan melakukan itu, lengkuas meningkatkan sirkulasi darah dan memungkinkan masuknya nutrisi ke jaringan kulit. Sifat antioksidan yang dimiliki juga mampu mencegah racun berbahaya dari dari dalam tubuh. Karena racun yang tidak diinginkan telah dikeluarkan dari tubuh, maka aktivitas sistem peredaran darah Anda meningkat.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Lengkuas telah digunakan sebagai metode pencegahan penyakit jantung dan segala risiko yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Lengkuas membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kontraksi jantung dengan meningkatkan suplai darah ke semua organ vital. Biasanya lengkuas digunakan sebagai obat untuk stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

4. Mengontrol asma
Efek antispasmodik yang dimiliki oleh lengkuas membantu mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus untuk mengurangi kadar asma. Demikian juga, sifat anti-inflamasi dari lengkuas bermanfaat dalam mengendalikan serta menyembuhkan kondisi seperti asma dan sindrom gangguan pernapasan akut.

5. Mengurangi lemak darah dan kolesterol
Flavonoid seperti kaempferol, quercetin, dan galanin yang ada dalam lengkuas memainkan peran utama dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga kadar lemak darah. Ekstrak lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk melawan sintase asam lemak, sehingga mengurangi kadar kolesterol serta trigliserida.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Lengkuas memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak polisakarida yang ditemukan dalam lengkuas memiliki kemampuan untuk merangsang efek pada sistem retikuloendotelial. Akibatnya, jumlah sel limpa dan eksudat peritoneal meningkat, yang secara langsung bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ramuan ini bertindak sebagai unsur anti-HIV.

7. Mengurangi demam
Antibakteri serta properti antijamur yang dimiliki oleh lengkuas, sangat berguna dalam mengurangi demam. Ini adalah obat rumah yang sangat efektif untuk demam dan pilek. Ramuan ini juga bermanfaat dalam meredakan batuk, dan sakit tenggorokan.

8. Meningkatkan kualitas kulit
Properti antijamur yang dimiliki oleh lengkuas bermanfaat dalam menyembuhkan masalah kulit dan alergi. Lengkuas juga digunakan untuk menyembuhkan jenis masalah kulit lainnya seperti eksim, luka bakar dan kulit gatal. Kehadiran vitamin C dalam lengkuas membantu meremajakan sel-sel kulit, sehingga melindungi kulit Anda dari tanda-tanda penuaan. Hal ini juga membantu mencegah timbulnya noda, bintik-bintik gelap dan jerawat.
 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar