Kunjungi Ditpolairud, Kapolda Kalteng ingatkan pengamanan distribusi logistik pemilu

id Kunjungi Ditpolairud, Kapolda Kalteng ingatkan pengamanan distribusi logistik pemilu,Pemilu,Anang Revandoko,Sampit

Kunjungi Ditpolairud, Kapolda Kalteng ingatkan pengamanan distribusi logistik pemilu

Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko didampingi Ditpolairud Kombes Pitoyo Agung Yuwono saat tiba di Markas Komando Ditpolairud Polda Kalteng, Senin (25/3/2019)

Sampit (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Anang Revandoko berkunjung ke Markas Komando Direktorat Polairud di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, seraya mengingatkan jajarannya untuk serius dalam pengamanan pemilu, khususnya distribusi logistik melalui jalur sungai.

"Polair juga bersiaga untuk pengamanan pesta demokrasi kita yaitu pileg (pemilu legislatif) dan pilpres (pemilihan presiden) ini, tapi mereka punya tugas khusus yaitu di air. Tim yang akan membantu dalam proses untuk pengantaran dan pengawalan kotak suara yang mempunyai karakteristik yang tersendiri," kata Kapolda melalui Kepala Bidang Humas Kombes Hendra Rochmawan di Sampit, Senin.

Kapolda dan rombongan datang ke Sampit menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ke-45 Korem 102/Panju Panjung dan Hari Ulang Tahun ke-60 Batalyon Infanteri Raider 631 Antang. Usai kegiatan itu, Kapolda dan rombongan menuju Markas Komando Direktorat Polairud.

Saat di Markas Polairud, Kapolda memimpin pertemuan singkat dengan jajaran Direktorat Polairud. Pengamanan pemilu menjadi hal yang paling ditekankan karena tahapan penting pesta demokrasi ini semakin dekat.

Polda Kalimantan Tengah berkomitmen mengamankan pemilu serentak 17 April 2019 dan seluruh tahapannya. Distribusi logistik merupakan salah satu tahapan penting karena akan memengaruhi pelaksanaan pemungutan suara.

Geografis Kalimantan Tengah yang banyak memiliki sungai dan anak sungai, menjadi tantangan dalam pendistribusian logistik pemilu. Tidak hanya sungai besar seperti Sungai Kahayan, Mentaya, Katingan dan Kapuas, tantangan distribusi ke kawasan hulu juga cukup berat karena harus melalui jalur sungai dan riam.

Hendra meyakinkan, Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah sudah memetakan jalur pendistribusian melalui air dan pola pengamanannya. Namun, penting bagi Kapolda selaku seorang pimpinan untuk terus mengingatkan jajarannya untuk selalu waspada.

"Makanya dilakukan simulasi-simulasi pengamanan untuk memastikan kesiapan personel dan peralatan. Kami ingin selalu siaga, sesuai motto yaitu terlatih, responsif dan tidak mudah dikalahkan," kata Hendra.

Disinggung soal pergantian pucuk pimpinan Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah yang baru diserahterimakan dari Kombes Badarudin kepada Kombes Pitoyo Agung Yuwono, Hendra mengatakan bahwa Kapolda berharap pejabat baru bisa bekerja lebih meningkat lagi dalam menjalankan tugas.

Prioritas utama dalam jangka pendek adalah kesuksesan pemilu serentak 2019. Direktorat Polairud yang memiliki tugas khusus di wilayah perairan diharapkan bisa menjalankan tugas dengan maksimal sehingga membantu terciptanya pemilu yang aman, lancar dan adil.