Warga Jaar segera nikmati air bersih PDAM Bartim

id Warga Jaar segera nikmati air bersih PDAM Bartim,PDAM Bartim

Warga Jaar segera nikmati air bersih PDAM Bartim

Direktur PDAM Bartim Hendroyono saat meninjau mesin pengolahan air bersih di IKK Jaar, Kamis (28/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Warga Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah, akan segera menikmati air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat melalui Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Jaar.

Direktur PDAM Barito Timur Hendroyono di Tamiang Layang, Kamis, mengatakan bahwa semua mesin seperti mesin sedot air, pengolahan air dan mesin distribusi air serta water treatment plan (WTP)  berfungsi semua.

"Mesin telah bisa dioperasionalkan dalam waktu dekat dan akan diresmikan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. Sehingga warga Jaar dan sekitarnya akan bisa menikmati air bersih dari PDAM Bartim IKK Jaar," kata Hendroyono.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur dan revitalisasi PDAM Barito Timur pada IKK Jaar merupakan program pembangunan daerah yang rencanakan secara matang oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas melalui program coorporate social responbility (CSR) dari PT Adaro Indonesia dan mitra kerja dengan total biaya sebesar Rp1,1 miliar.

Dengan mesin sedot baru serta didukung tiga buah mesin distribusi, maka kapasitas pendistribusian air IKK Jaar ke pelanggan berkapasitas 12,5 liter per detik.

Baca juga: Jaksa Bartim tagih pelanggan yang menunggak bayar air

Uji coba operasional mesin IKK Jaar yang dihadiri Direktur PDAM Barito Timur Hendroyono beserta jajaran, juga dihadiri bagian mekanik PT Adaro Indonesia Rif'an, bagian CSR PT Aan Nurhadi, Humas PT Sapta Indra Sejati Yudhana dan jajaran PDAM Barito Selatan.

Saat uji coba berlangsung, Hendroyono beserta pihak PT Adaro dan mitra kerja melakukan pengecekan beroperasinya mesin sedot air ke penampungan, mesin pengolahan air dan mesin distribusi serta tangki WTP.

"Semuanya berfungsi. Tinggal nanti pengecekan kualitas air yang akan diditribusikan ke pelanggan. Setelahnya akan disampaikan kepada Bupati Bartim untuk waktu peresmiannya," katanya.

Ditambahkan Hendroyono, pelanggan PDAM  pada IKK Jaar mencapai 276 pelanggan. Dia optimis angka pelanggan akan bertambah seiring dengan pengoperasionalan IKK Jaar dengan kualitas air yang didistribusilan nanti.

"Banyak warga yang mau menjadi pelanggan PDAM jika sudah dioperasionalkannya IKK Jaar. Apalagi jika warga nanti mengetahui bahwa air yang didistribusikan berkualitas," katanya.

Baca juga: PDAM Barito Timur akui suplai air terganggu ke pelanggan

Baca juga: Penyegelan listrik PDAM Barito Timur ganggu produksi air untuk pelanggan