Puluhan ASN Kalteng dikerahkan bersihkan tempat umum

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,dinas sosial kalteng,hut kalteng,hut kalteng 2019

Puluhan ASN Kalteng dikerahkan bersihkan tempat umum

Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso (topi hitam) melaksanakan kerja bakti sosial di kawasan pasar besar Kota Palangka Raya, Jumat (12/4/19). (Foto Istimewa).

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah Provinsi Kalimantan tengah, yang dikoordinir oleh Dinas Sosial setempat, melakukan bakti sosial membersihkan sampah di tempat-tempat umum, terkhusus di kawasan pasar besar dan sekitarnya.

Pengerahan puluhan ASN tersebut dalam rangka menyambut hari ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalteng ke-62 pada Mei mendatang, kata Kepala Dinas Sosial Kalteng Suhaemi melalui Sekretarisnya Budi Santoso, Jumat. 

"Kami melakukan itu juga ingin memberikan contoh kepada masyarakat agar ikut juga melakukan apa yang telah dilakukan ASN di lingkup Pemprov Kalteng. Jadi, kebersihan di daerah kita tetap terjaga," tambahnya.

Salah satunya agar merangsang masyarakat yang bermukim di kawasan umum bisa ikut berperan dalam menjaga kebersihan lingkungannya, baik itu di rumahnya sendiri maupun tempat-tempat umum seperti pasar serta lain sebagainya.

Baca juga: Dinsos kumpulkan 1.000 relawan perkuat jaringan kerja se-Kalteng

"Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 07.00-09.00 WIB dan dihadiri kurang lebih 50 pegawai. Mereka juga mengangkut semua bentuk sampah apa saja yang ada di lokasi yang sudah menjadi titik fokus untuk dibersihkan," kata Budi.

Selain kegiatan kerja bakti sosial bersih-bersih tempat umum, dalam waktu dekat ini Dinsos Kalteng akan melakukan anjangsana ke panti asuhan milik pemerintah maupun panti asuhan milik yayasan sawasta yang ada di Kota Palangka Raya. 

Hal tersebut bertujuan memberikan tali asih atau bantuan kepada mereka yang memang benar-benar saat ini membutuhkan bantuan dari pemerintah setempat. Kemudian mengenai apa yang sudah dilakukan Dinsos Kalteng dalam kegiatan bersih-bersih bisa diterapkan masyarakat setiap harinya. 

"Apa yang kami lakukan ini setidaknya bentuk pengabdian kami kepada daerah untuk memajukan pembangunan provinsi setempat," demikian Budi.

Baca juga: Dinsos Kalteng jamin pasokan makanan untuk korban kebakaran

Baca juga: Dinsos Kalteng rekrut 30 pelopor perdamaian cegah konflik sosial