Hera Nugrahayu terpilih jadi Sekda Kota Palangka Raya

id Hera Nugrahayu terpilih jadi Sekda Kota Palangka Raya,Sekda Kota Palangka Raya ,Hera Nugrahayu

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (kiri) melantik sekaligus mengambil sumpah janji jabatan kepada Hera Nugrahayu sebagai Sekretaris Daerah di daerah itu yang dilaksanakan di ruang Peteng Karuhei II yang berada di lingkup pemkot setempat, Senin (15/4/2019) malam. (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin, Senin (15/4) malam melantik Hera Nugrahayu sebagai Sekretaris Daerah kota setempat menggantikan Rojikinnor sebagai pejabat lama yang mengundurkan diri karena tersandung kasus hukum yang hingga kini perkaranya belum inkracht di pengadilan setelah melakukan banding. 

"Pelantikan Sekda Kota Palangka Raya sesuai dengan koordinasi Komisi Aparatur Sipil Negara dan persetujuan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang menyarankan pelaksanaan pelantikan sekda segera dilaksanakan secepatnya," kata Fairid usai melantik Sekda baru di rung Peteng Karuhei II yang berada di lingkup pemkot setempat. 

Ditunjuknya mantan Kepala Bappeda Kota Palangka Raya itu, tidak lain lantaran yang bersangkutan pada saat mengikuti seleksi jabatan sekda pada tahun 2017 lalu menduduki posisi dua setelah Rojikinnor. Dengan mundurnya pejabat lama sebagai sekda setempat, maka ia diajukan wali kota untuk mengisi jabatan kursi orang nomor tiga di lingkup pemkot setempat. 

Apalagi secara aturan yang berlaku, yang bersangkutan memenuhi syarat untuk diajukan sebagai sekda. Maka dari itu yang bersangkutan tidak lagi mengikuti lelang atau seleksi jabatan sekda yang sempat di jabat seorang Plh yakni Kandarani yang kini menjadi salah satu staf ahli wali kota. 

Saat ditanya, mengapa pelantikan dilakukan pada malam hari ini, Fairid mengungkapkan, karena saran dari bapak Gubernur Kalteng dan Dirjen Kemendagri segera dilaksanakan. 

"Padahal saya inginnya besok saja melakukan pelantikan tersebut, karena diharuskan segera maka malam ini saya laksanakan sesuai aturan yang sudah diberlakukan," tandas Fairid.

Orang nomor satu di Pemkot Palangka Raya itu berpesan kepada pejabat sekda yang baru, agar kembali menguatkan pengawasan dilingkup intern, sehingga kinerja para ASN  terus membaik seperti yang sudah dilakukan pejabat lama. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyarankan agar peningkatan pelayanan publik juga terus ditingkatkan, sehingga pelayanan publik tidak berbelit-belit dan mudah dipahami masyarakat ketika berurusan, baik masalah administrasi serta lain sebagainya. 

"Inovasi untuk sebuah pelayanan serta penguatan kinerja aturan ASN juga perlu, jadi pesan saya teruslah berkarya untuk pembangunan daerah yang lebih maju sesuai dengan visi dan misi wali kota dan wakil wali kota," katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, acara pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup pemkot setempat disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pejabat pemprov serta pejabat pemkot setempat. 

Bahkan rencananya setelah dilakukan pelantikan sebagai sekda yang baru, Hera Nugrahayu rencananya akan langsung bekerja untuk menjalankan roda pemerintahan setempat, sesuai dengan tupoksinya sebagai pejabat pimpinan tertinggi pratama di pemkot setempat. 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar